Marrin News

Update Vaksinasi: 69.126 Warga Sudah Divaksin Dosis Pertama di Malra

Potret pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara. Foto: Gerry Ngamel

Penulis|Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Pemerintah Provinsi Maluku mencatat, per Rabu (12/1/2022) pukul 18.00 WIT, jumlah warga di Kabupaten Maluku Tenggara yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama yakni sebanyak 69.126 orang atau 73.88 persen.

Sementara jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis kedua sebanyak 30.409 orang atau 32.50 persen dari total target sasaran vaksinasi Covid-19.

Pemerintah telah menetapkan sasaran vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) hingga 70 persen di Maluku Tenggara, yaitu sebanyak 93.569 orang.

Sasaran vaksinasi tersebut mencakup tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas layanan publik, masyarakat rentan, dan masyarakat umum, termasuk anak usia remaja.

Sesuai data yang diterima Marinnews.com, adapun presentase cakupan sasaran untuk tenaga kesehatan (SDMK) di Maluku Tenggara hingga saat ini, yang telah menerima suntikan vaksin dosis pertama sebanyak 105.56 persen, dosis kedua 102.06 persen dan dosis ketiga sebanyak 76.72 persen.

Kemudian, untuk sasaran Lansia yang sudah menerima vaksinasi dosis satu sebanyak 111.7 persen, serta dosis dua 50 persen.

Selanjutnya, cakupan petugas publik, yang sudah divaksin dosis pertama 125.17 persen, dan dosis kedua 86.38 persen. Sementara untuk masyarakat yang telah menerima suntikan dosis satu sebanyak 52.32 persen dan dosis dua 20.92 persen.

Lalu, cakupan sasaran usia Remaja, yang sudah divaksinasi dosis pertama sebanyak 93.99 persen, dan dosis kedua 19.03 persen.

Dari capaian cakupan tersebut, menempatkan Kabupaten berjuluk Bumi Larvul Ngabal itu pada posisi ketiga capaian vaksinasi terbanyak se-Provinsi Maluku. Maluku Tenggara berada dibawah Kabupaten Kepulauan Aru diposisi kedua dan Kota Ambon diposisi pertama.

Layanan Vaksinasi Tetap Tersedia

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Malra, Abdullah Aziz menyatakan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara hingga saat ini masih terus memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat.

Pelayanan dilakukan, kata dia, salah satunya melalui program gebyar vaksinasi berhadiah, yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal Langgur. Program ini dimulai tanggal 12-31 Januari 2021.

“Pelayanan vaksinasi di daerah ini akan terus dilakukan sampai sasaran cakupan terpenuhi sesuai target,” terang Aziz kepada Marrinnews.com di Langgur, Rabu (12/1/2022).

Plt Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur itu memastikan kebutuhan dosis vaksin di Maluku Tenggara masih cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi warga dalam beberapa waktu kedepan.

“Kami akan mengupayakan kebutuhan vaksin tetap tersedia. Jika nanti sudah habis, akan kami komunikasikan lagi ke Pemerintah Provinsi Maluku. Yang pasti bahwa vaksinasi akan terus berlanjut, soal ketersediaan vaksin menjadi tanggung jawab Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan,” ujarnya.

Aziz menyebut jenis vaksin yang digunakan saat ini adalah vaksin Moderna, Astrazeneca, Sinovac, dan P-Fizer.

Ia pun mengajak warga yang belum mengikuti vaksinasi untuk dapat menerima suntikan dosis vaksin Covid-19, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar