Marrin News

Targetkan Capaian Vaksinasi 70 Persen, "BINDA" Maluku Terus Dukung Upaya Pemkot Tual

Penulis/Editor : Alfonzo Kalengkongan

Marrin News
Gerai Vaksinasi

TUAL, MARRINNEWS.COM.- Arahan Presiden Jokowidodo atas target capaian Vaksinasi 70 Persen di Provinsi Maluku saat ini menjadi perhatian semua Institusi. Di Kota Tual, Komitmen Binda Maluku untuk melaksanakan arahan tersebut terus dilakukan dengan cara koordinasi intens dengan berbagai pihak. 

Pantauan Marrin News, Dalam dukungannya, BINDA Maluku memobilisasi sumber daya manusia dengan menempatkan tim vaksinator Binda Maluku untuk bekerja sama dengan Dokkes Polda Maluku, yang ditempatkan di Kabupaten/Kota di Maluku, termasuk di Polres Tual.

Bekerjasama dengan Polres Tual, BINDA Maluku terus mendorong capaian target 70 persen vaksinasi di Kota Tual, Giat Vaksinasi diselenggarakan secara rutin setiap hari di Gerai Vaksin Polres Tual dengan target capaian sebesar 250 orang per hari. 

Informasi yang dihimpun, Berdasarkan data dari KPC-PEN, presentase capaian vaksinasi di Kota Tual per tanggal 8 Januari 2022 mencapai 54 persen. Capaian ini masih perlu ditingkatkan sampai 70 persen agar herd community dapat tercapai. 

Strategi Merangkul Warga, Masih Efektif 

Upaya merangkul warga yang belum divaksin  tak henti dilakukan oleh setiap personel Polres Tual. Hampir setiap hari Polres Tual turun ke kampung-kampung untuk memfasilitasi kendaraan kepada warga yang belum di vaksin, juga dengan strategi antar jemput ke Gerai Vaksin, juga tim vaksinator yang menyelanggarakan vaksin dari rumah ke rumah. 

Kondisi Geografis Masih Menjadi Kendala

Upaya mencapai target 70 persen memang tidak mudah karena masih ada berbagai kendala yang ditemui di lapangan, khususnya bagi tim vaksinator Dinas Kesehatan Kota Tual saat turun ke pulau-pulau.

Selain faktor geografis, faktor ketersediaan listrik dan telekomunikasi yang terbatas juga menjadi tantangan bagi tim vaksinator Dinas Kesehatan Kota Tual. Serta masih ada sebagian masyarakat yang percaya berita hoax terkait vaksin sehingga mereka takut divaksin, padahal vaksin terbukti aman dan halal. 

"Diharapkan masyarakat agar segera vaksin agar kekebalan komunal dapat tercapai. Jangan takut vaksin karena vaksin itu aman dan halal", ujar dr. Gilbert Sulivan, salah satu Tim Vaksinator yang juga dokter Binda Maluku saat ditemui Marrin News, Sabtu (8/01/2022). 

Marrin News
Tim saat melaksanakan vaksinasi terhadap warga Kota Tual

Lebih lanjut dr. Gilbert mengatakan bahwa meskipun sudah divaksin, masyarakat tetap perlu menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan tidak bergadang. Hal ini mengingat sampai saat ini belum ditemukan cara untuk dapat mengendalikan penyebaran virus covid-19, kecuali vaksin.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar