Marrin News

Rombongan Wawali Kota Tual Dievakuasi Tim SAR

Proses evakuasi rombongan Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge di perairan Pulau Ubur ke Ke Kota Tual, Sabtu (29/1/2022). Sumber foto: Basarnas Ambon

Laporan Kontributor | Jimmy
Editor | Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com – Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge bersama rombongan, pada Sabtu (29/1/2022) pagi dievakuasi dari perairan laut Pulau Ubur-menuju Kota Tual. Evakuasi dilakukan Tim SAR gabungan melalui jalur laut.

Berdasarkan keterangan Pers Kantor SAR Ambon pada akun Facebook resmi Basarnas Maluku disebutkan, speedboat yang ditumpangi Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge bersama rombongan mengalami kerusakan mesin di dekat perairan Pulau Ubur.

“Speedboat yang membawa Wakil Wali Kota Tual beserta rombongan bertolak pukul 05.00 WIT dari Pulau Tayando menuju Kota Tual. Namun sesampainya di perairan Pulau Ubur pukul 07.40 WIT Speedboat yang dinaiki mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing selama beberapa jam sebelum berhasil di temukan Tim SAR Gabungan,” jelas Kepala Basarnas Ambon, Mustari sebagaimana dikutip Marrinnews.com dari fanspage Basarnas Maluku.

Sebelumnya, lanjut kata Mustari bahwa pada 08.20 WIT, Command Center Kansar Ambon menerima informasi laporan dari Koorpos Tual bahwa Speedboat yang membawa 20 orang rombongan Wakil Wali Kota Tual mengalami mati mesin di sekitar Perairan Ubur Kecamatan Dullah Selatan.

Sesuai laporan tersebut pukul 08.40 WIT, KN SAR Bharata dan KN Catamaran Bakamla diberangkatkan menuju LKK guna melaksanakan Ops SAR pada koordinat 5°34.103' S - 132°34.862' E, jarak -+ 3 NM, dan Heading -+ 348.55° arah Utara Dermaga PPN Kota Tual.

“Pukul 09.15 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan Speedboat tersebut di Perairan Pulau Ubur dan berhasil mengevakuasi seluruh korban dengan keadaan selamat,” terang dia.

Proses Evakuasi Evakuasi turut dibantu oleh Pos SAR Tual, ABK KN SAR Bharata, dan BAKAMLA. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan KN SAR Bharata, Satu Unit KN Catamaran Bakamla, dan Satu unit Rescue Car type II.

Berikut data 20 korban yang berhasil dievakuasi:

1. Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge

2. Kasat Pol PP Kota Tual, Ibrahim Tamher

3. Hadi Rengur

4. Cen Kabalmay

5. Arif Tamher

6. saleh Ragerit

7. Ali Rumaf

8. Yoga Renfan

9. Nur

10. Kaka Renwarin

11. Aswan Rahangmetan

12. Dullah Tusiek

13. dr Ilyas

14. dr Devita

15. Nur Mandak

16. Nus Sairlela

17. Dwi kurniati

18. Arfa Seknun

19. Abdulah

20. Muslimin

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar