Marrin News

Rencana Pembangunan Bendungan dilokasi Air Besar, Ini Penjelasan Bupati UT

Penulis/Editor : Alfonzo Kalengkongan

Marrin News
Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos.,M.Si saat memberikan arahan pada rapat sinkronisasi program kegiatan optimalisasi air bersih kawasan perkotaan

FAKFAK,MARRINNEWS.COM.- Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos.,M.Si dalam arahanya pada rapat sinkronisasi program kegiatan optimalisasi air bersih kawasan perkotaan yang diselenggarakan Bappeda mengatakan pentingnya penyediaan air bersih bagi warga, sehingga perlu adanya integrasi dan kolaborasi antara Bappeda, PUPR dan Perumda dalam menyusun rencana aksi jangka pendek maupun jangka panjang. 

Lebih lanjut dikatakannya langkah tersebut perlu dilakukan, mengingat air merupakan kebutuhan dasar warga yang harus dipenuhi, Apalagi saat ini sambungnya pertumbuhan penduduk terjadi peningkatan yang cukup signifikan sehingga dibutuhkan perluasan jaringan air bersih.

Selain itu juga perlu dipikirkan sumber air bersih sebagai penyuplai utama, karena dua sumber yang selama ini digunakan yakni air besar dan kali mati dalam waktu jangka panjang dipastikan tak dapat memenuhi kebutuhan. 

"Kali mati kalau dihitung kedepannya debitnya pasti akan turun, mengingat akan terpengaruh dengan aktifitas warga disekitar, ada pemotongan pohon ada areal perkebunan yang otomatis akan berpengaruh terhadap debit air," Jelas Bupati UT di Kantor Bappeda, Kamis (13/01/2022). 

Pembangunan Bendungan di Areal Air Besar

Sementara untuk sumber air besar kedepannya juga akan sama halnya dengan kali mati sehingga perlu adanya strategi pengembangannya yakni pembangunan bendungan. Diakuinya walaupun bersifat jangka panjang namun perencanaannya harus dilakukan dari sekarang. 

"Brand Fakfak BANJIR (bangun jaringan air bersih) harus bisa diimplementasikan atau diwujudnyatakan dengan kerja kerja nyata kita di Tahun 2022 ini, salah satunya  perencanaan pembangunan bendungan di air besar," Tegasnya. 

Bupati UT berharap Dinas PUPR bisa menindaklanjuti perencanaan pembangunan bendungan tersebut karena selaku Bupati dirinya telah menyurati Badan Anggaran DPR-RI mengingat bendungan tersebut sangat strategis dalam pemenuhan air bersih dimasa akan datang. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar