Marrin News

Pemkab Malra Targetkan 12.926 Anak Usia 6-11 Tahun Divaksin

Ilustrasi-seorang siswa SD menerima suntikan dosis vaksin Covid-19. Sumber foto: SindoNews. 

Penulis | Editor : Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menargetkan vaksinasi COVID-19 terhadap 12.926 anak usia 6-11 tahun di daerah setempat. Sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Malra direncanakan mulai berlangsung pada akhir Januari 2022.

Hal ini disampaikan Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun di Langgur, Selasa (18/1/2022).

"Mulai tanggal 24 Januari (2022), kita akan mulai bergerak ke sekolah-sekolah melalui tim vaksinator Puskesmas untuk mensosialisasikan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun,” kata Thaher.

Bupati menyebut vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Malra bisa mencapai target sasaran 12.925 jiwa. “Pada bulan Maret 2022, harus bisa tercapai target tersebut,” ujar Thaher.

Bupati menjelaskan pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun dilakukan setelah cakupan sasaran vaksinasi di Kabupaten berjuluk Bumi Larvul Ngabal itu mencapai target nasional minimal 70 persen.

"Hari ini, sesuai catatan data nasional untuk capaian vaksinasi COVID-19, Malra sudah mencapai 70,87 persen. Itu artinya Malra sudah melewati target pemerintah pusat, dan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun sudah bisa dilaksanakan," beber Thaher.

Bupati menekankan bahwa meskipun target nasional telah tercapai namun vaksinasi dosis satu dan dua, serta dosis tiga atau penguat bagi masyarakat umum di Maluku Tenggara akan terus dilakukan.

“Saya berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk terus menyukseskan program vaksinasi nasional,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Katrinje Notanubun mengungkapkan bahwa seiring akan dilaksanakannya vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Pemkab Maluku Tenggara saat ini tengah melakukan langkah-langkah koordinasi bersama pihak Kepolisian Resort Tual.

“Pagi tadi (Rabu, 19 Januari 2022) kami dari Dinas Kesehatan, Disdukcapil dan Dinas Pendidikan telah melakukan rapat koordinasi bersama jajaran Pimpinan Polres Tual. Rakor tersebut untuk menyamakan persepsi, sekaligus juga penyediaan data,” ujar Notanubun saat dihubungi wartawam via telepon seluler, Rabu (19/1/2022) sore.

Ia menyebut berdasarkan data Dinas Pendidikan Malra yang diterima pagi tadi, jumlah siswa (anak usia 6-11 tahun) di Maluku Tenggara sebanyak 11.441 orang.

“Sesuai data dari Disdukcapil juga, jumlah anak usia 6-11 tahun sebanyak kurang lebih 11 ribu-an orang,” tambah dia.

Kesiapan Jelang Vaksinasi Anak

Notanubun menyatakan Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan telah menyediakan 18 tim vaksinator untuk melakukan pelayanan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Tim tersebut tersebar di 18 Puskesmas, baik di daratan Kei Kecil maupun Pulau Kei Besar.

“Dengan tim vaksinator yang ada, kami siap memberikan pelayanan vaksinasi bagi seluruh Siswa TK maupun SD yang berusia 6 tahun keatas,” cetus dr. Ketty, sapaan akrab Kadis Kesehatan Malra.

Ia menyebut dalam rencana kerja awal vaksinasi anak, dirinya telah melakukan beberapa langkah antisipatif.

“Pertama, saya telah meminta data ke Dinas Pendidikan, dan data tersebut telah diserahkan. Kedua, saya telah memerintahkan petugas kesehatan pada setiap puskesmas untuk melakukan edukasi, sosialisasi, koordinasi ke pihak sekolah terkait siswa-siswa yang akan divaksin. Selanjutnya ketiga, saya telah meminta tim vaksinator untuk menyusun jadwal vaksinasi, yang direncanakan dimulai tanggal 24 Januari 2022,” papar Notanubun.

Dokter Ketty menambahkan bahwa dirinya juga telah mengajukan permintaan penambahan logistik vaksin ke Pemerintah Provinsi Maluku.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat jadwal vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun sudah tersedia, sehingga akan memudahkan tim vaksinator dalam melakukan pelayanan. Vaksinasi ini akan dilaksanakan langsung di sekolah-sekolah," pungkas Notanubun. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar