Marrin News

“Sosialisasi-Konsultasi” Upaya Pemkab Malra Percepat Proyek 3 Ruas Jalan 'SMI' di Kei Besar

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun berfoto bersama Ketua Komisi III DPRD Sthepanus Layanan dan sejumlah Camat usai mendatangani berita acara sosialisasi dan konsultasi masyarakat di Gedung Siloam Elat, Kecamatan Kei Besar, Kamis (2/12/2021). Sumber foto: Gerry

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Proyek peningkatan tiga ruas jalan hotmiks di Pulau Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara segera akan terlaksana dalam waktu dekat.

Ketiga ruas jalan tersebut dikerjakan dengan menggunakan anggaran pinjaman daerah dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 100 Milliar.

Adapun ruas-ruas jalan yang mendapat sentuhan dana SMI, yakni ruas jalan Elat – Werka – Weduar – Tamangil – Weduar Feer (Segmen Karkarit – Harangur) sepanjang 4,2 km.

Kemudian, ruas jalan Simpang Ngurdu – Bombay – Ad – Ohoiraut, sepanjang 14 km serta ruas jalan Simpang Elat Weduar (Segmen Tamangil – Weduar Feer) sepanjang 5,8 km.

Mengawali tahapan pekerjaan tersebut, Pemerintah Daerah Maluku Tenggara menggelar sosialisasi dan konsultasi masyarakat. Agenda tersebut telah dilaksanakan di Gedung Siloam Elat, Kecamatan Kei Besar pada Kamis (2/12/2021).

Kegiatan melibatkan para camat, kepala ohoi dan perangkat, BSO, serta masyarakat di sekitar lokasi pembangunan jalan. Turut hadir juga Bupati Malra M Thaher Hanubun, Ketua Komisi III DPRD Malra Sthepanus Layanan dan Blandina Fautngiljanan, serta sejumlah pimpinan dan staf OPD terkait.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUTR Malra, Herling Priartha mengatakan sosialisasi dan konsultasi yang dilakukan merupakan salah satu syarat utama dalam mekanisme pencairan dana pinjaman sebagaimana ketetapan PT SMI.

“Sosialisasi adalah salah satu syarat utama untuk bisa merealisasikan pencairan keuangan maupun hal fisik lainnya. Seperti proyek pembangunan lainnya, sebelum dana dicairkan maka perlu ada sosialisasi kepada masyarakat,” jelas Herling kepada wartawan di sela-sela kegiatan, Kamis (2/12).

Herling mengungkapkan tahapan pelaksanaan proyek kini tengah memasuki tahap pelelangan. “Segera akan ditetapkan pemenang tender,” ujar dia.

Sementara untuk keseluruhan prosedur pelaksanaan yang diajukan PT SMI, menurut dia, sejauh ini akan terpenuhi seiring telah dilaksanakannya sosialisasi dan pelelangan, termasuk juga unsur pemenuhan lingkungan atau UKL-UPL.

“Dari sisi lingkungan, kami sudah mendapatkan Izin UKL-UPL pada titik-titik jalan yang akan dilalui, tinggal hasil sosialisasi dan tendernya saja,” sebut Herling.

Herling menekankan tanpa dukungan masyarakat, program pembangunan yang diproyeksikan dengan dana pinjaman SMI takan dapat terlaksana.

Untuk itu, ia berharap dukungan penuh masyarakat demi tercapainya pelaksanaan peningkatan ruas jalan hotmiks di tiga ruas jalan tersebut.

“Pa Bupati telah berupaya maksimal walaupun harus dengan berhutang, namun itu semua beliau lakukan demi kesejahteraan masyarakat. Waktu dan tenaga beliau lebih diprioritaskan untuk wilayah Kei Besar, jadi khususnya mari bersama kita dukung program pembangunan ini. Jangan ada hambatan saat pelaksanaan nanti, sehingga proses bisa berjalan lancar,” pinta dia.

Herling menandaskan, pencairan uang muka dan pelaksanaan pekerjaan fisik perdana segera akan terlaksana, setelah seluruh tahapan telah memenuhi ketentuan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar