Marrin News

Sampah Plastik di Sepanjang Jalan Reklamasi, Jadi Ancaman Warga Fakfak

Penulis : Alfonzo Klenk

Marrin News
Tumpukan sampah plastik yang berserakan disepanjang reklamasi pantai kompleks Jalan Baru Kabupaten Fakfak

FAKFAK, MARRINNEWS.COM.- Reklamasi pantai yang terletak di pusat Kota  Kabupaten Fakfak merupakan salah satu tempat kongkow (nongkrong) warga yang sering dikunjungi. Selain nuansa pantai yang begitu eksotis juga didukung dengan jajanan serta kuliner yang dijajakan di sepanjang pantai.

Pantauan Marrin News, secara ekonomi pengusaha kuliner serta jajanan skala kecil setiap harinnya bisa meraup keuntungan yang cukup signifikan. Namun penggunaan produk plastik diantaranya kantong serta gelas plastik kini terlihat menjadi ancaman baru bagi lingkungan khususnya ekosistem laut di sekitar pantai.

Selain penggunaan plastik, kesadaran masyarakat juga belum terbangun. Hal inilah  yang memperparah, terlihat walaupun tempat sampah telah disiapkan pada beberapa titik disepanjang pantai, sampah plastik masih saja dibuang seenaknya sehingga berserakan di sepanjang pantai.

Marrrin News
Suasana malam di kompleks jalan baru Kabupaten Fakfak

Ancaman DBD

Memasuki musim hujan tahun ini baik itu Dinas terkait serta masyarakat diminta untuk melakukan pencegahan ancaman berbagai penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Diketahui, DBD adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Para ahli menilai nyamuk lebih aktif dan lebih banyak berkembang biak pada musim hujan.

Sampah plastik yang dibiarkan dapat menyebabkan genangan yang  apabila tidak segera dibersihkan sangat mungkin sekali menjadi sarang, tempat bertelur dan berkembang biak nyamuk-nyamuk.

Demi keselamatan lingkungan dan warga sebaiknya Dinas terkait  bersama masyarakat segera mengambil tindakan atas kondisi tersebut demi masa depan generasi di Bumi Mbaham Mata.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar