Marrin News

Sambut Natal, Pemuda Somlain Aksi Bersih Desa dan Tour Santa Claus

Potret aksi bersih kampung dan Santa Claus oleh Orang Muda Katolik (OMK) Somlain, Paroki Ohoidertutu di wilayah desa Somlain dan sekitarnya. Sumber foto: Berenz

Penulis/Editor: Ghege ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Menyambut perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, biasanya bakal menyajikan ragam kisah dibalik aksi para pemuda ataupun umat Nasrani di setiap daerah hingga pelosok negeri. Ada yang bersih-bersih lingkungan, membuat kandang dan pohon natal, hingga menampilkan aksi tour Santa Claus.

Aksi-aksi tersebut tentunya sudah menjadi tradisi tahunan. Seperti halnya yang dilakukan Pemuda Katolik di Desa Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Sejumlah muda-mudi Somlain, tampak pada Minggu (20/12/2021) dikerahkan di beberapa titik desa untuk memungut dan membersihkan sampah.

Salah satu penggerak Pemuda Somlain, Berenz Ngamel menuturkan aksi bersih-bersih desa itu merupakan potret kepedulian generasi muda Ohoi Somlain terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Lebih dari itu, lanjut kata dia bahwa sebenarnya kegiatan tersebut tidak lain karena momentum perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Iya, ini dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, jadi kampung harus terlihat bersih dan rapi. Yang ikut dalam aksi sekitar 20-an OMK (Orang Muda Katolik). Kami pilih sampah dan bersihkan area tangga hingga ke kampung bawah, juga pangkas rumput di lapangan,” kata Berenz saat dihubungi Marrinnews.com via telepon seluler, Senin (21/12) malam.

Dia menambahkan, aksi bersih lingkungan tersebut bermula dari sebaran pesan ajakan via mesengger dan SMS. Ajakan itu sendiri, dilandasi kepedulian terhadap keharmonisan hubungan antar manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan sekitar.

“Awalnya beta (saya, red) lihat rumput ditengah lapang sudah sangat tinggi, begitu juga di kawasan tangga, yang mana dedaunan berserakan sepanjang anak tangga. Lantas, beta ajak teman-teman dengan menyebarkan pesan via sms, teman-teman lalu setuju dan jadilah kegiatan itu,” beber Alumni STIS Mutiara Tual itu.

“Kalau lingkungan desa bersih, suasana kampung juga pasti akan terasa nyaman dan indah dipandang,” imbuhnya.

Aksi peduli lingkungan oleh kaulah muda Somlain berlangsung satu hari kemarin. Selanjutnya, pada Senin (21/12/2021) mereka kembali terlibat dalam aksi tour ke sejumlah desa tetangga dengan berpenampilan ala Santa Claus.

Menurut Berenz, kegiatan Santa Claus merupakan program Dewan Gereja Stasi Somlain. “Ini programnya dewan gereja baru, jadi katong (kami, red) hanya membantu saja,” terang dia.

Berenz menyebut dalam kegiatan tadi, sosok Santa Claus ditemani Swarte Piet atau Pit Hitam berkeliling membagikan hadiah bagi anak-anak di desa Ohoira, Ohoiren, Somlain, Ohoidertutu hingga Ohoidertom.

Aksi Santa Claus itu pun sempat menarik perhatian warga desa yang dikunjungi. Ada yang mendekat untuk foto, ada anak-anak melarikan diri dan bersembunyi, bahkan ada juga anak yang menangis karena ketakutan melihat penampilan karakter Pit hitam.

“Kegiatan tadi seru sekali. Semoga ditahun-tahun depan, katong dari OMK bisa buat program yang sama,” kata Berenz.

Mengenal Sosok Santa Klaus dan Pit Hitam

Sosok Santa Claus kerap dinantikan oleh anak-anak di Hari Natal. Bagaimana tidak, sosok berjanggut putih itu akan memberikan hadiah spesial di akhir tahun untuk anak-anak yang baik.

Namun tahukah Anda, Santa Klaus rupanya tidak membagikan hadiah sendirian. Ia didampingi oleh sahabatnya yang bernama Pit Hitam atau Zwarte Piet.

Karakter Pit Hitam sendiri diperkenalkan oleh Jack Schenkman lewat buku bergambar bertajuk "Sint Nikolaas en zijn Kecht" pada 1850.

Dalam buku tersebut, Pit Hitam digambarkan sebagai sosok yang berasal dari Spanyol. Ia datang menggunakan perahu pada 5 Desember atau Hari. St. Nicholas.

Mengutip Aljazeera sebagaimana dimuat Kumparan, Pit Hitam identik dengan wajah hitam, bibir merah besar, wig hitam keriting, dan anting emas besar. Setiap tahun, Pit Hitam membantu Santa Klaus membagikan hadiah Natal, permen, dan kue jahe untuk anak-anak baik.

Pit Hitam juga bertugas untuk menegur anak-anak yang nakal. Sosok tersebut akan menangkap anak-anak nakal dan memasukkannya ke dalam karung. Kemudian, ia akan memukuli anak-anak itu dengan sapu. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar