Marrin News

Sah! Sony Jabat Camat KKB, Thaher: Terima Kasih Pa Jopi Rahajaan

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Sony Damamain sebagai Camat Kei Kecil Barat, di Aula Kantor Bupati, Senin (6/12/2021). Sumber foto: Gerald Leisubun

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Sony Abner Damamain kini memegang jabatan pimpinan Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Jabatan tersebut diembani usai Damamain dilantik dan diambil sumpah sebagai Camat Kei Kecil Barat oleh Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun, pada Senin (6/12/2021) di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Sony Damamaian dilantik menggantikan Camat terdahulu, Jakob Rahajaan yang telah memasuki masa Purna Bakti sejak 1 Desember 2021 kemarin. Diketahui, sebelumnya Sony menjabat sebagai Sekertaris Camat Kei Kecil.

“Hari ini kita melantik Pejabat Eselon III yakni Camat Kei Keil Barat. Camat sebelumnya telah memasuki masa purnabakti, terhitung mulai tanggal 1 Desember 2021,” kata Bupati Thaher dalam sambutannya.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Malra, Bupati Thaher mengucapkan terima kasih atas dedikasi Jacob Rahajaan selama mengabdi dalam tubuh birokrasi Kabupaten Maluku Tenggara.

“Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang selama ini telah diberikan kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Malra selama 29 tahun 9 sembilan bulan. Luar biasa, terima kasih Pak Jopi Rahajaan,” ujar Thaher.

Lebih lanjut Bupati menyatakan, pengisian jabatan saat ini guna memastikan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik di Kecamatan Kei Kecil Barat dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Kepada camat yang baru dilantik ini diperhadapkan dengan tantangan kondisi wilayah, Kecamatan Kei Kecil Barat yang berada dalam kemiskinan ekstrem,” ungkap dia.

Oleh karenanya, Thaher mengingatkan Camat yang baru dilantik agar inovatif dan selalu berada di tempat untuk bersama-sama dengan perangkat kecamatan, termasuk dengan kepala-kepala ohoi menjawab hal-hal yang perlu dilaksanakan terutama menjawab kemiskinan ekstrim.

“Saudara harus punya banyak inovasi. Lingkungan kita, laut dan darat kita menjanjikan. Ohoira terkenal dengan lautnya dan beras merahnya. Bagaimana kita mengolah itu menjadi sesuatu, ini tergantung pada pemerintah dalam hal ini pemerintah wilayah (kecamatan),” tegas dia.

Ia juga meminta Sony membangun kemitraaan dan kerjasama dengan kepala-kepala ohoi dan perangkatnya. Termasuk, memfungsikan keberadaan kepala Ohoi dan perangkat agar bekerja aktif dan efektif.

“Jangan saudara berjalan sendiri sementara perangkat ohoi tidak bekerja atau tidak ada aktifitas apa-apa. Beberapa waktu lalu saya dengar ada banyak camat yang pergi ke luar daerah. Saya perintahkan pak Sekda agar meminta laporan pertanggungjawaban camat yang ke luar daerah itu,” tutur Thaher.

Thaher menyebut dari rekam jejak jabatan dan kualifikasi pendidikan, Sony Damamain dinyatakan memiliki kompetensi yang sesuai dengan syarat jabatan yang ditentukan.

“Sebagai pejabat pembina kepegawaian daerah, secara selektif dan berkelanjutan, saya akan terus melakukan pembenahan organisasi kecamatan, baik dalam penguatan peran tugas dan fungsi, juga dalam hal pengisian jabatan camat,” pungkas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar