Marrin News

Ratusan Kafilah MTQ ke 29 Malra Pawai Ta'aruf Sebarkan Pesan Toleransi

Pawai Ta'aruf menjelang pelaksanaan MTQ) ke XXIX Maluku Tenggara di Ohoi Danar, Jumat (10/12/2021). Sumber Foto: Gerry Ngamel 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur (Danar), MARRINNEWS.com – Ratusan kafilah atau utusan dari 11 kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara mengikuti pawai ta'aruf menjelang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke XXIX Maluku Tenggara di Ohoi (Desa) Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Jumat (10/12/2021) pagi.

Kafilah dilepas dari lapangan Ohoi Danar oleh Sekertaris Daerah Malra Ahmad Yani Rahawarin bersama Ketua PKK Eva Elliya dan Ketua Darma Wanita Salama Renur, ditandai dengan pelepasan balon. Bupati M Thaher Hanubun turut hadir memberi dukungan.

Bertolak dari lapangan Danar Sare, kafilah kemudian berarak melintasi ruas jalan utama Desa Danar Ohoitom hingga berakhir di arena panggung utama, yang berada diantara Ohoi Danar Lumefar dan Danar Ternate. Disepanjang perjalanan, para kafilah melantunkan shalawat.

Iringan drum band dari Siswa SMA Seminari Santo Yudas Thadeus Langgur dan SMK Mastur turut mewarnai pawai ta'aruf kali ini.

Warga tampak begitu antusias. Dari kaum tua hingga anak-anak berjajar sepanjang jalan desa, menyambut sembari memberi semangat kepada para kafilah. Bupati Thaher bersama jajaran OPD pun tak ketinggalan dalam moment prosesi.

Terdapat delapan cabang musabaqah yang dilombakan dalam MTQ ke 29 Malra, yakni Tilawah Al-Quran, Qiraat Sab'ah, Tafsir Al-Quran, Fahmil Quran, Khat Al-Quran, Hifzil Quran, Syarhil Al-Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Sekda Malra A Yani Rahawarin mewakili Bupati menyampaikan sambutan sesaat sebelum pelepasan peserta pawai ta'aruf.

Dalam sambutan Bupati, Sekda Rahawarin mengatakan, Pawai Ta’aruf merupakan wujud ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan MTQ, yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovasi.

“Diharapkan dari kegiatan ini akan dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan event daerah yang strategis ini,” ujar Rahawarin.

Selain itu, tambah dia bahwa melalui kegiatan pawai ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat Ukhuwah Islamiah antara pemerintah dan masyarakat,  antar sesama masyarakat, serta menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama.

“Semoga tradisi baik ini dapat terus dipertahankan dan ditumbuh-kembangkan secara berkelanjutan di waktu-waktu mendatang,” pungkas Rahawarin.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar