Marrin News

Penghargaan Pamsimas untuk Pemkab Malra, Wujud Apresiasi Pempus

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Abd. Halil Kastella menyerahkan penghargaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), kepada Bupati Malra M. Thaher Hanubun di ruang kerja Bupati, Selasa (14/12/2021). Sumber foto: Chemo Labetubun

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com - Pemerintah Kabupaten  Maluku Tenggara (Malra) kembali menerima penghargaan di akhir tahun. Kali ini dalam pengelolaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Penghargaan tersebut telah diumumkan pada acara Rakornas Program Pamsimas III 2021, yang berlangsung  25 November 2021 lalu, di Jakarta.

Sementara serah terima piagam penghargaan baru dilakukan, Selasa (14/12/2021) di ruang kerja Bupati Maluku Tenggara, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Abd. Halil Kastella kepada Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Selasa (14/12) sore, disebutkan bahwa Kabupaten Maluku Tenggara termasuk dalam 10 besar program Pamsimas dari 408 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemkab Malra, dimana pembiayaan program Pamsimas bersumber dari APBN dan APBD,” ujar Bupati Thaher dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut dirinci, Kabupaten Maluku Tenggara telah melaksanakan program Pamsimas sejak tahun 2014 sampai 2021 dan sudah menangani 89 ohoi dari 191 ohoi/kelurahan.

Tahun 2014, program Pamsimas masuk di delapan ohoi, 2015 sebanyak delapan ohoi, 2015 sebanyak dua ohoi, 2017 sebanyak 10 ohoi, 2018 sebanyak 22 ohoi, 2019 sebanyak 21 ohoi, 2020 empat ohoi, dan 2021 sebanyak 14 ohoi.

"Ini merupakan apresiasi pemerintah pusat kepada Maluku Tenggara atas keberhasilan dalam menyelenggarakan program Pamsimas. Kami berharap , kedepan ohoi-ohoi lain juga bisa disentuh," kata PC Roms 17 Pamsimas Provinsi Maluku Nandang Saparudin usai penyerahan penghargaan di ruang kerja Bupati Malra.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Abd. Halil Kastella menyatakan komitmennya untuk terus mendampingi Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam menyelenggarakan program-program dari Dirjen Cipta Karya.

Kastella berharap, Pemkab Malra juga mengusulkan lebih banyak program ke Dirjen Cipta Karya. Sebab, menurut dia, keberhasilan di Pamsimas merupakan pintu masuk bagi Maluku Tenggara mendapat lebih banyak program dan kegiatan, seperti Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew), penataan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Senada dengan Kepala Balai, Bupati Thaher Hanubun juga akan mengakses program-program lain yang ada di Cipta Karya.

"Kami sangat bersyukur dengan penghargaan ini. Namun bukan penghargaan yang menjadi tujuan utama, melainkan bagaimana seluruh elemen bisa bekerja keras dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat," ujar Bupati.

Atas penghargaan yang diterima Maluku Tenggara, Tak luput, Bupati Thaher atas nama Pemerintah daerah menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri PUPR beserta Dirjen Cipta Karya dan jajarannya.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar