Marrin News

Paus Fransiskus Tetapkan Romo Inno Ngutra sebagai Uskup Amboina

RD. Inno Ngutra. Dok: Marrinnews.com/Istimewa

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com - Paus Fransiskus di Vatikan menetapkan Sekertaris Keuskupan Amboina, Romo Inno Ngutra Pr sebagai Uskup Diosis Amboina.

Romo Inno diangkat menggantikan Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, yang pada November 2020 lalu telah diangkat Paus Fransiskus sebagai Uskup Keuskupan Agung Merauke dan Administrator Apostolik Keuskupan Amboina.

Pengumuman penetapan Uskup Amboina di dilakukan dalam Misa Syukur Perayaan Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda dan HUT Tarekat MSC ke 167, serta Upacara Kaul TMM yang berlangsung di Gereja Maria Bintang Laut (MBL) Benteng-Ambon, Maluku, Rabu (8/12/2021) pukul 08.00 WIT.

Pengumuman Uskup baru Amboina ditayangkan langsung melalui Kanal YouTube Komsos Keuskupan Amboina.

Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC membacakan secara langsung surat Uskup Agung Piero Pioppo, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia tentang penetapan Inno Ngutra sebagai Uskup Amboina.

Surat keputusan itu dibacakan di hadapan ratusan umat Katolik, para pastor, biarawan, serta biarawati yang menghadiri Perayaan Ekaristi di Gereja MBL Benteng.

Surat keputusan penetapan Romo Inno Ngutra sebagai Uskup Amboina ditujukan kepada Uskup Agung Mgr. P. C. Mandagi MSC sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Amboina.

“Yang Mulia, saya hendak memastikan kepada anda melalui surat ini bahwa Bapa Suci Paus Fransiskus telah mengangkat Romo Seno Ngutra yang terhormat sebagai Uskup Amboina yang baru, dan sebagai penerus anda,” demikian kutipan surat keputusan penetapan sebagaimana disampaikan Mgr Mandagi.

“Berita ini, dipublikasikan hari ini di Roma dan seluruh dunia, waktu tengah hari (waktu Vatikan), pukul 20.00 waktu Amboina,” tambah Mandagi.

Romo Inno Ngutra lahir di Desa Waur, Kecamatan Kei Besar, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara pada 7 November. Saat ini ia menjabat Sekertaris Keuskupan Amboina, sekaligus bertugas sebagai Rektor Program Pra Imamat
dan Staf Dosen pada STPAK Santo Yohanes Penginjil Ambon.

Uskup Mandagi mengatakan, kini umat Katolik di Maluku dan Maluku Utara telah memiliki Uskup baru. Oleh karenanya, ia mengingatkan seluruh umat agar tidak lagi menyapa Inno Ngutra dengan sebutan Pastor.

“Mulai saat ini kita akan menyapa, bukan lagi Pastor Inno Ngutra tetapi Uskup Ino Ngutra, MGR Inno Ngutra,” tegas Uskup Mandagi.

Mandagi menyerukan agar seluruh umat memanjatkan doa bersama kepada Uskup Amboina yang baru.

Administrator Apostolik Keuskupan Amboina ini menyebutkan, penahbisan Romo Inno sebagai Uskup Amboina direncanakan berlangsung sesudah Perayaan Paskah, pada tanggal 23 April 2022 di Gereja Katedral Ambon.

"Penahbisan Uskup baru Amboina akan dilaksanakan sesudah Paskah, dan memang sebaiknya tempat pentahbisan adalah Gereja Katedral Ambon, sedangkan resepsi di Gedung Xaverius Ambon,” ungkap Uskup Agung Mandagi.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar