Marrin News

Maluku Tenggara Sabet Tiga Penghargaan di Akhir Tahun 2021

Bupati M Thaher Hanubun mewakili Pemerintah Daerah Maluku Tenggara menerima sejumlah piagam penghargaan di Ambon, Jumat (3/12/2021). Sumber foto: Istimewa. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com - Kabupaten Maluku Tenggara kembali mendapat pengakuan dalam tiga penghargaan bergengsi di penghujung tahun 2021.

Penghargaan disampaikan dalam acara penyerahan buku Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022, di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Jumat (03/12/2021).

Penghargaan pertama yang diraih, yakni penghargaan bagi satuan kerja dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2021, kategori pagu besar (lebih dari Rp 50 miliar).

Satuan kerja yang berhasil meraih predikat tersebut adalah MAN Kabupaten Maluku Tenggara. Disusul, Bidkeu Polda Maluku dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Penghargaan ini berdasarkan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (KIPA).

Kedua, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pemerintah Daerah Maluku Tenggara mendapat opini WTP 5 kali berturut-turut. Selain Malra, Pemkab Buru dan Maluku Tengah juga dianugerahi penghargaan yang sama.

Penghargaan ini diberikan kepada Pemda di lingkup provinsi Maluku yang mendapatkan opini WTP Tahun anggaran 2020 dari BPK RI.

Ketiga, Penyerapan Dana Desa (DD) tahun 2021. Penghargaan dikategori ini diberikan kepada Pemda di lingkup Provinsi Maluku dengan penyerapan 100 persen DD tercepat tahun 2021.

Pada kategori ini, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menempati posisi kedua. Sementara Pemkab Kepulauan Tanimbar berada di peringkat pertama. Adapun peringkat ketiga diraih oleh Pemkab Maluku Barat Daya.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun yang hadir dan menerima penghargaan tersebut, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang besar terhadap kinerja instansi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Malra.

”Ini wujud kerjasama diantara seluruh elemen di Maluku Tenggara,” ujar Thaher dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Jumat (3/12) malam.

Berbagai penghargaan ini sekaligus melecut komitmen Pemerintah Daerah Maluku Tenggara untuk terus meningkatkan kinerja dalam menata dan mengoptimalisasi penggunaan keuangan daerah secara profesional dan transparan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar