Marrin News

Malam Misa Natal, GPK Fakfak Turunkan 100 Personil Bantu Pengamanan Gereja

Penulis / Editor : Alfonzo Klenk 

Marrin News
Pengamanan ibadah malam Natal oleh Gerakan Pemuda Kei Fakfak

FAKFAK, MARRINNEWS.COM.- Pemuda Pemudi yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Kei (GPK) Kabupaten Fakfak bersinergi bersama TNI dan Polri bantu mengamankan ibadah dimalam Natal, Jumat (24/12/2021) Malam.

Eksistensi GPK khususnya partisipasi dalam hal keagaamaan di Bumi Mbaham Matta bukan baru kali ini, Sebelumnya keluarga kristiani juga telah berpartisipasi mengamankan jalannya ibadah bulan suci Ramadhan di Mesjid yang ada di Fakfak.

Sesepuh GPK yang juga Imam Mesjid Al Munir Piahar Hi. Abas Fakaubun sebelum secara resmi melepas tim relawan pengamanan malam Natal mengatakan semangat toleransi ini merupakan peninggalan leluhur yang perlu dijaga.

"Semangat "ain ni ain" harus dijaga juga disini, mengingat saat ini katong semua tinggal disini (Fakfak) maka sudah menjadi kewajiban menjaga keamanan dengan hidup rukun disini," Pesan Haji Fakaubun, Kamis (23/12/2021).

Menurut Imam, Keberadaan GPK sudah diakui, sehingga GPK harus mendukung visi Pemerintah Kabupaten Fakfak, yakni dengan berpartisipasi menjaga ketertiban dan keamanan sekaligus menjaga nama Kei

"Kemarin katong pu saudara sudah jaga katong selama Ramadhan maka hal yang sama juga perlu dilakukan, ini bukan saling membalas tapi ini kewajiban katong selaku sesama orang Kei juga kemanusiaan," Tegasnya.

"Dengan menjaga orang ibadah insyah allah kita akan mendapat pahala, ini kebersamaan kita selaku orang kei dalam semangat "ain fangnanan ain" maka perlu selama ditugaskan harus disiplin," Tambahnya.

Hadir saat pelepasan Ketua GPK Martinus Fawowan, Wakil Ketua Ibrahim Kobarubun dan sesepuh Muhamad T Rahailjaan, Umar Rengen/Banyal serta 100 personil yang siap mengamankan jalannya misa Natal.

Marrin News
GPK yang bersinergi bersama TNI dan Polri

Ini Nama 13 Gereja yang dijaga GPK

Direncanakan pengamanan Gereja akan dilakukan selama 5 (Lima) hari, personil GPK juga selama berjaga mematuhi protokoler kesehatan yakni menggunakan masker.

Lokasi 13 Gereja yang diamankan GPK yakni 01.Gereja Eden (Wagom)
02.Gereja Diaspora (Palapala)
03.Gereja imanuel (Danaweria)
04.Gereja Santo Agustinus (Gewerpe)
05.Gereja Paroki Santo Yosep (Puncak)
06.Gereja Salom (Misi atas)
07.Gereja Imanuel (puncak)
08.Gereja Santa Maria (merapi)
09.Gereja Bethel (Kota)
10.Gereja Santo Paulus (Wagom) 11.Gereja Nasaret (Wagom) 12.Gereja Pantekosta (Puncak) 13.Gereja Eben Heizer (Puncak)

Terpantau selama pengamanan hingga selesai ibadah dimalam pertama berlangsung aman dan lancar.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar