Marrin News

Kunjungi Pasar "UT" Cek Penambahan Sarpras Sampai Dengarkan Keluhan Pedagang Tentang Judi

Penulis/Editor : Alfonzo Kalengkongan 

Marrin News
Bupati Fakfak Untung Tamsil S.Sos., M.Si menggelar rapat bersama Kadis Perindag B M Lesomar SE dan Kepala Pasar  Z Sampetondok S.E, di Pasar Torea, Rabu (29/12/2021).


FAKFAK, MARRINNEWS.COM.- Bupati Fakfak Untung Tamsil S.Sos., M.Si menggelar rapat bersama Kadis Perindag B M Lesomar SE dan Kepala Pasar  Z Sampetondok S.E di Pasar Torea, Rabu (29/12/2021).

Pantauan Marrin News, Pertemuan yang awalnya direncanakan digelar di dalam Kantor UPTD itu harus diubah karena saat tiba Bupati UT memilih masuk ke dalam pasar.

Terlihat, menggunakan kursi milik pedagang Bupati UT lalu duduk didekat lapak jualan diikuti Kepala Pasar serta Kadis dan langsung berdiskusi. Melihat Bupati hadir ditengah mereka, para pedagang pun tak menyianyiakan moment tersebut.

"Pak Bupati, disini kalau siang paling panas, ketong pu sayur paling cepat layu," ujar Petronela homba salah satu pedagang sayur Pasar Torea.

"Ia, betul mama saya juga rasa, baru beberapa menit duduk saja paling panas, lalu mama dong mau bagaimana," jawab Bupati sambil melihat ke atap senk.

Marrin News
Bupati UT bersama Petronela Homba salah satu pedagang dipasar Torea 

Dihadapan para pedagang yang semakin berkerumun dirinya langsung meminta kepada Kepala pasar dan Kadis untuk langsung tuntaskan masalah tersebut.

"Ibu Kadis dan Kepala pasar  ia betul saya duduk juga disini memang paling panas, tolong pasang plafon dulu, lalu pasang  kipas angin disepanjang sini kalau bisa juga lampu to, biar terang," Perintah Bupati sambil menunjuk titik dimana kipas angin dipasang. 

Ditempat yang sama Ketua RT pasar Abdul Munir juga pada kesempatan tersebut meminta agar di oasang pagar besi, sehingga pada malam hari areal jualan ditutup, mengingat pada malam hari lapak milik pedagang sayur diubah  menjadi tempat judi.

"Selaku RT, Pedagang sering mengeluhkan ke saya, tapi begitulah, kalau bisa pak Bupati pasang pagar besi untuk dikunci setelah pedagang pulang," Kata Kadir.

"Karena malam jadi kasino, pedagang pu barang dagangan yang biasa ditaruh diatas meja jualan juga sering hilang, jadi kalau bisa kunci saja," Tambah Ketua RT.

Bupati UT, meminta kepada Kepala pasar agar memaksimalkan kembali petugas keamanan Pasar meningat Pasar adalah aset strategi yang perlu dilindungi.

"Untuk usulan pagar besi sebaiknya tidak, takut kalau ada hal yang tidak dinginkan, contoh kebakaran maka akan sulit amankan barang dagangan," Ujar Bupati.

"Kepala pasar kalau bisa keamanan difungsikan kembali e, kasian kitong pu mama mama dong ini, dong harus nyaman dan aman disini," Tegasnya.

Janji Bangun Jembatan dan Perbaiki Tangga yang Rusak di Pasar Ikan Torea.

Setelah dari pasar sayur, Bupati UT bersama rombongan menuju ke Pasar ikan, Tampak UT juga mengajak pemilik petuanan Abu Bakar Rengen guna mendengar langsung rencana Pemerintah membangun sarana prasarana (Sarpras) pendukung pasar ikan.

Saat tiba Bupati UT menjelaskan rencananya untuk membangun jembatan tambatan perahu pada Tahun 2022 kepada Om Abu (sapaan akrab) yang diketahui masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan sang Bupati.

"Om Pemerintah dalam membangun sekarang ini dipantau langsung KPK , karena nanti masuk jadi aset Daerah sehingga harus ada pelepasan atau alas hak," Jelas Bupati UT kepada Omnya.

Marrin News
Bupati UT saat berdiskusi bersama Ketua RT Abdul Kadir dan Pemilik Petuanan Om Abu Regen di pasar Ikan Tores

Setelah berdiskusi bersama Om Regen, terlihat Bupati UT langsung menelpon Kadis Perhubungan tanda persoalan petuanan mencapai jalan keluar, guna pembangunan jembatan tambatan perahu untuk di bangun di Pasar Ikan Torea.

Selain itu, sesuai usulan warga tangga akses naik turun menuju pasar ikan juga  dijanjikan Bupati akan direhab bersama MCK yang sudah lama tak difungsikan akibat tidak adanya pasokan air bersih.

Marrin News
Tampak tangga akses naik turun menuju pasar ikan torea yang terlihat rusak parah


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar