Marrin News

Kado Natal untuk Desa Lairngangas: Silvius Reyaan Resmi Jabat Kepo Definitif

 Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun memasangkan tanda kehormatan dan pangkat kepada Kepala Ohoi Lairngangas Definitif Silvius Reyaan. Sumber foto: Gerry

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Silvius Reyaan kini resmi menjabat Kepala Ohoi (Kepo) atau Desa Lairngangas Definitif. Jabatan tersebut disandang, usai Silvius dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, pada Senin (27/12/2021) di ruang kerja Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Pengangkatan Silvius dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 1378 Tahun 2021 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Ohoi Lairngangas dan Pengangkatan Kepala Ohoi Lairngangas Kecamatan Manyeu Kabupaten Maluku Tenggara.

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kuasa-Nya, maka pada hari ini Senin 27 Desember 2021, saya Bupati Maluku Tenggara dengan resmi melantik Saudara Silvius Reyaan sebagai Kepala Pemerintahan Ohoi Lairngangas Kecamatan Manyeu Kabupaten Maluku Tenggara periode 201-2027”

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada saudara. Semoga Tuhan bersama kita,” demikian naskah pelantikan yang dibacakan Bupati Thaher.

Dalam sambutan, Bupati menyatakan pelantikan Kepo Lairngangas merupakan agenda pelantikan kepala ohoi terakhir di tahun 2021. “Setelah ini tidak ada lagi, mungkin awal tahun 2022, baru ada lagi pelantikan dan akan dilakukan secara bertahap,”ujar Thaher.

Ia menjelaskan, proses pengangkatan kepala ohoi definitif di Maluku Tenggara berbeda dengan daerah lain. Oleh karena tidak hanya berdasarkan hukum negara, namun didasarkan pula pada tatanan adat-istiadat.

“Proses untuk bisa menuju ke tahapan pelantikan tidaklah mudah, tentunya sebelum ini, Kepo Lairngangas telah melalui mekanisme sesuai sistem adat yang berlaku,”kata Thaher.

Lebih lanjut, Bupati mengemukakan kebanggaannya terhadap proses yang dilalui masyarakat bersama kelembagaan adat, serta pemerintah kecamatan hingga tahapan pelantikan Silvius Reyaan sebagai Kepala Ohoi definitif Ohoi Lairngangas.

“Terima kasih kepada semua pihak, Kepala Ohoi Namar, BSO dan BPO yang telah membantu sehingga Pa Sil bisa dilantik hari ini. Tentunya bahwa ini merupakan kado Natal dan Tahun Baru terindah bagi masyarakat Ohoi Lairngangas,”pungkas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar