Marrin News

Jelang Nataru, Kadis Perindag Tual Klaim Stok Bahan Pokok Aman

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tual Darnawati Amir saat diwawancarai Marrinnews.com di ruang kerjanya, Rabu (8/12/2021). Sumber foto: Jimmy

Kontributor/Editor: Jimmy/Gerry Ngamel ||

TUAL, MARRINNEWS.com – Stok bahan pokok di Pasar Maren, Kota Tual pada pekan kedua menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 aman. Namun, terjadi kenaikan harga untuk sejumlah komoditas.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Darnawati Amir saat ditemui Marrinnews.com di ruang kerjanya, Rabu (8/12/2021).

"Hingga saat ini harga bahan pokok di pasar masih stabil, belum ada perubahan. Kecuali, sejumlah bumbu masak seperti, cabai rawit, cabai keriting, dan bawang," ujar Darnawati.

Ia mengklaim, sebagaimana lazim terjadi di perayaan hari besar keagamaan, harga dan stok bahan pokok yang mencolok dan menipis hanyalah pada komoditas cabai.

Menurut Darnawati bahwa minimnya ketersediaan hingga komoditas cabai dikarenakan faktor alam, yang kemudian berdampak pada keterlambatan distribusi dari luar daerah.

"Kondisi seperti ini sudah lazim terjadi. Itu dikarenakan cuaca ekstrim, yang membuat keterlambatan pengiriman," kata Amir.

Ia menambahkan, akibat kondisi cuaca tersebut harga cabai bahkan melonjak drastis hingga dua kali lipat dari harga normal, berkisar Rp180.000-200.000.

Amir menyebut, komoditas cabai di Pasar Tual dipasok dari Makassar dan Pulau Ambon.

“Saya berharap komoditas cabai di Pasar, secepatnya normal kembali seperti sediakala,” ucap Darnawati.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar