Marrin News

Bupati Thaher Pastikan Penanganan Sarana Telekomunikasi dan Listrik di Ohoi Warbal Terealisasi Awal Tahun 2022

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun saat mengunjungi Ohoi Warbal pada momentum MPPD AMGPM ke 30 yang dilaksanakan di Gereja Reheboth, Jemaat Imanuel Warbal, Minggu (12/12/2021). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Ohoi atau Desa Warbal adalah salah satu desa adminstratif di Kabupaten Maluku Tenggara, dengan letak geografis wilayah pulau dan berada terpisah dari daratan Pulau Kei Kecil. Desa Warbal memiliki sejumlah potensi sumber daya alam menjanjikan bagi pengembangan ekonomi daerah dan masyarakat, di sektor pariwisata dan kelautan.

Sayangnya, sejauh ini potensi-potensi tersebut belum dimaksimalkan secara baik oleh masyarakat desa itu sendiri. Salah satu aset destinasi wisata terbaik dan cukup terkenal yang dimiliki desa Warbal adalah Pantai Ngur Tavur atau pasir timbul.

Dalam pengembangannya, berdasarkan informasi yang dihimpun MARRINNEWS.com, kondisi tersebut disinyalir terkendala akibat minimnya ketersediaan sarana jaringan telekomunikasi dan listrik. Disisi lain, partisipasi masyarakat yang masih minim juga turut mempengaruhinya.

Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun menyayangkan hal tersebut. Thaher lantas mengungkapkan pemerintah daerah telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM guna menjawab kondisi objektif yang dihadapi.

Kebijakan itu, sebut Thaher adalah dengan menghadirkan program pembangunan dan penyediaan sarana infrastruktur telekomunikasi dan pelistrikan di Ohoi Warbal.

“Atas kerja keras dan doa seluruh masyarakat Ohoi Warbal, maka dalam waktu dekat ini, akan segera di bangun menara Telkomsel guna menjawab kebutuhan telekomunikasi di Ohoi Warbal sampai Ur Pulau. Sudah diprogramkan dan tinggal saja dilaksanakan, direncanakan setelah pembangunan menara di Ohoi Uf dan Maar,” ungkap Bupati Thaher saat memberikan sambutan pada pembukaan MPPD AMGPM PP Kei Kecil dan Kota Tual di Ohoi Warbal, Minggu (12/12/2021).

Bupati menyebut alokasi pembangunan menara Telkomsel di Ohoi Warbal bersumber dari alokasi Non 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Sumber alokasi tersebut mewajibkan adanya penghibaan atas tanah dimana menara Telkomsel akan ditempatkan.

"Saya harap tidak ada kendala yang dapat menggagalkan rencana baik ini, terutama persoalan lahan yang menjadi catatan penting pihak Telkomsel karena pembangunan menara Telkomsel untuk Warbal berasal dari alokasi non 3T yang wajib tanahnya dihibakan,” ujar Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku itu.

Bupati menjamin apabila masyarakat mempermasalahkan biaya ganti rugi atas lahan pembangunan menara maka dirinya lah yang bertanggung jawab, bukan pihak Telkomsel.

Dibalik itu, Orang nomor satu Bumi Larvul Ngabal ini menghendaki keberadaan dan kemajuan infrastruktur di Ohoi Warbal dapat sejajar dengan ohoi-ohoi lainnya di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kalau tanahnya dipakai, jangan tuntut Telkomsel, karena saya yang menginginkan adanya pembangunan menara Telkomsel disini. Jadi datanglah ke saya selaku Bupati dan kita selesaikan secara baik dan damai, jangan pasang sasi,” ucap Thaher.

Bupati menekankan pembangunan menara jaringan telokomunikasi di Ohoi Warbal diperuntukan untuk mendukung kelancaran aktivitas masyarakat dalam hal komunikasi jarak jauh, juga diperuntukan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Ohoi Warbal.

Ia pun meminta masyarakat, khususnya generasi muda Ohoi Warbal dapat memanfaatkan secara profesional ketersediaan infrastruktur tersebut guna percepatan pembangunan pariwisata dan pendapatan ekonomi masyarakat desa.

“Pastinya tidak akan susah lagi, tetapi manfaatkanlah sebaik mungkin untuk mempromosikan pariwisata yang ada di desa Warbal. Jangan manfaatkan untuk posting hal-hal tidak baik di media sosial,”

Lebih lanjut terkait kebutuhan listrik, Bupati Thaher memastikan akan mendatangkan mesin genset listrik berkekuatan besar milik Pemda Malra untuk dapat melayani kebutuhan pelistrikan warga di Ohoi Warbal.

“Insya Allah, awal tahun 2022 sudah bisa terealisasi, genset akan didatangkan ke Warbal,” pungkas Thaher Hanubun.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar