Marrin News

Bupati Thaher Kebut Capaian Vaksinasi Malra Hingga Sasar Pelosok Negeri

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun melakukan rapat koordinasi terbatas bersama Petugas Kesehatan, Pimpinan TNI/Polri dan Pimpinan Kecamatan serta Kepala-Kepala Ohoi se-Wilayah Pulau Kei Besar di Ohoi Karkarit, Kei Besar, Minggu (19/12/2021). Sumber foto: Pry Evav

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun kembali menyasar sejumlah pelosok negeri Kei Kecil hingga Pulau Kei Besar, guna menggenjot percepatan capaian target vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Maluku Tenggara.

Terkini, pada Minggu (19/12/2021) Bupati Thaher melakukan rapat koordinasi terbatas bersama jajaran TNI/Polri, pihak kecamatan dan para Kepala Ohoi di wilayah Pulau Kei Besar. Dalam pertemuan bersama di Ohoi Karkarit Kecamatan Kei Besar, Thaher mengecek langsung capaian vaksinasi masing-masing ohoi atau desa.

Pada kesempatan itu, Thaher juga memberi ketegasan kepada semua pihak Forkopim di Pulau Kei Besar untuk berkerja kolaboratif mendongkrak capaian vaksinasi di Maluku Tenggara. Sebaliknya kepada masyarakat, Thaher meminta agar dapat secara sadar dan partisipatif menerima suntikan dosis vaksinasi Covid-19.

Kendati hari libur, orang nomor satu negeri berjuluk Larvul Ngabal terus melangkah dengan berbagai upaya, semata-mata bukan hanya tentang bagaimana target capaian vaksinasi bisa didapatkan, namun dibalik itu ia menginginkan herd imunity (kekebalan komunitas) masyarakat dapat terbentuk, sehingga daerah dapat terjaga dari dampak pandemi yang berkepanjangan.

"Hari ini, hari libur tapi untuk mencapai target dan menyukseskan tujuan vaksinasi COVID-19, maka saya harus turun langsung kelapangan dan melakukan koordinasi, lebih khusus di Pulau Kei Besar, dimana capaiannya masih rendah," kata Thaher Hanubun seperti dilansir dari ANTARA.

Bupati optimis sasaran vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara dapat mencapai target 70 persen di akhir tahun 2021. Kendati demikian, Thaher kembali menekankan bahwa target hanya dapat dicapai, apabila seluruh elemen dapat berpartisipasi aktif.

Cakupan Vaksinasi di Pulau Kei Besar

Thaher merinci capaian kumulatif vaksinasi di kecamatan-kecamatan Pulau Kei Besar, periode 18 Desember 2021, sebagai berikut:

Kecamatan Kei Besar dengan total sasaran 15.482 jiwa, jumlah orang baru divaksin sebanyak 8,752 orang atau 56.53 persen. Kecamatan Kei Besar Selatan, total sasaran 3.240, sudah divaksin 2,645 orang atau 81,64 persen.

Sementara di Kecamatan Kei Besar Utara Barat, dari total sasaran 4.734 jiwa, yang sudah divaksin 3,495 orang atau 73,83 persen. Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, total sasaran 1.949 jiwa, sudah divaksin 1,418 orang atau 72,76 persen.

Selanjutnya, Kecamatan Besar Utara Timur dengan total sasaran 8,863 jiwa, yang sudah divaksin baru mencapai 4,424 orang atau 48,92 persen.

Dari data tersebut, Bupati mengklaim cakupan vaksinasi di Pulau Kei Besar belum memenuhi target sasaran. Oleh karenanya, ia meminta keseriusan Kepala-Kepala Ohoi berserta perangkatnya untuk lebih maksimal memenuhi cakupan sasaran vaksinasi di Ohoi masing-masing.

“Banyak Ohoi belum bekerja masksimal.  Tentunya ini menjadi catatan khusus bagi Kepala Ohoi dan perangkatnya untuk bagaimana caranya dapat memvaksinasi warganya,” tandas Thaher.

Cakupan Kumulatif Vaksinasi di Maluku Tenggara

Pemerintah daerah melaporkan, hingga Sabtu (18/12/2021) jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua, yaitu baru mencapai 26.781 orang atau 28,62 persen dari total target sasaran.

Sementara jumlah masyarakat yang sudah menerima suntikan  vaksin Covid-19 dosis pertama, yakni sebanyak 59.384 orang atau 63,47 persen.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara telah menetapkan sasaran vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) yaitu 93.569 jiwa. Sasaran vaksinasi itu meliputi tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan, dan masyarakat umum termasuk anak remaja.

Adapun hingga saat ini tenaga kesehatan sudah divaksinasi dosis pertama sebanyak 105,47 persen dan 101,52 persen orang telah disuntik dosis kedua. Sementara itu, tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga sebanyak 76,32 persen orang.

Kemudian, cakupan sasaran untuk petugas publik, tercatat penerima dosis pertama sebanyak 120,47 persen orang dan 84,86 persen orang telah disuntik vaksin dosis kedua.

Lalu, sasaran vaksinasi untuk lansia. Adapun hingga saat ini, sebanyak 96,5 persen orang lansia yang sudah divaksinasi dosis pertama dan kurang lebih 38,93 persen orang disuntik dosis kedua.

Berikutnya, target masyarakat umum penerima vaksin. Sebanyak 42,84 persen orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 19,12 persen orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Terakhir, target kelompok usia remaja. Sebanyak 80,27 persen orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 12,55 persen orang mendapatkan dosis kedua.

Adapun tiga jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara yakni Vaksin Sinovac, Moderna dan AstraZeneca. Vaksinasi Covid-19 diberikan dua dosis dan penyuntikannya dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu tertentu.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar