Marrin News

Bupati Thaher Ingin Dewan Hakim Bekerja Profesional dan Jujur pada MTQ ke 29 Malra

Pelantikan dan pengukuhan dewan hakim MTQ ke 29 Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara oleh Bupati M Thaher Hanubun, di Aula Amalir Loor Ohoi Danar, Kamis (9/12/2021). Sumber foto: Gerry

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur (Danar), MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun melantik Dewan Hakim dan Paniteri Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX Tingkat Kabupaten Maluku Tengggara, di Aula Amalir Loor, Ohoi Danar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kamis (9/12/2012).

Dalam sambutannya, Bupati Thaher menekankan soal peran dan tanggung jawab dewan hakim dan paniteri. Ia menginginkan dewan hakim dan paniteri dapat melaksanakan amanah secara kolektif, cermat, jujur, dan profesional.

Terdapat tiga unsur utama yang mendukung suksesnya penyelenggaraan MTQ yaitu, peserta MTQ, dewan hakim, dan panitia penyelenggara.

Thaher menekankan apabila unsur-unsur tersebut baik, maka penyelenggaraannya juga Insyaallah akan baik, lancar, dan berkualitas.

Thaher menambahkan, peranan dan tugas dewan hakim sebagai penilai dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran sangat krusial.

Oleh karenanya, kata dia bahwa perlu dibangun kesepahaman antara dewan hakim dalam memahami kandungan isi Al-Quran dan tata cara penilaian Musabaqah Tilawatil Quran. 

“Saya berharap para dewan hakim dapat melaksanakan amanah dengan profesional serta memberikan penilaian secara jujur dan objektif dengan menjunjung tinggi sportifitas, agar MTQ ini benar-benar mampu menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang diharapkan akan menjadi duta Kabupaten di tingkat provinsi maupun nasional,” ujar Thaher.

Thaher mengingatkan dewan hakim agar harus bebas dari intervensi pihak manapun. “Harus berlaku adil dan konsisten terhadap setiap keputusan yang diambil,” tegas Bupati.

Bupati meyakini dewan hakim yang dipilih memiliki integritas dan profesionalitas. Sikap tersebut, lanjut kata Thaher bahwa sangat menentukan keberhasilan MTQ ke 29 Tingkat Kabupaten Malra.

“Saya berharap, dari dewan hakim dan tempat ini akan menghasilkan sesuatu untuk Maluku, Maluku untuk Indonesia,” imbuhnya.

Orang nomor satu Bumi Larvul Ngabal ini memastikan para juara MTQ kali ini akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022 di Kepulauan Tanimbar.

“Siapapun yang akan juara nanti, saya minta agar dipersiapkan sebaik mungkin sehingga dapat mewakili Maluku Tenggara pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku, bulan Maret 2022 mendatang,” pungkas Thaher.

MTQ ke 29 Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara akan berlangsung selama 5 hari, dimulai sejak tanggal 10-15 Desember 2021 di Ohoi Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan. Adapun MTQ ke 29 diikuti oleh peserta dari 11 kecamatan di Malra.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar