Marrin News

Warga Optimis Bupati Thaher Mampu Atasi Masalah Air Bersih-Akses Jalan di Ohoi Hako

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun menyerahkan paket bantuan kepada warga di Ohoi Hako, Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Sabtu (27/11/2021). Foto: Gerry Ngamel. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Puluhan tahun lamanya sejak Kabupaten Maluku Tenggara terbentuk, warga Ohoi atau Desa Hako terkendala masalah ketersediaan air bersih sebagai sumber kehidupan. Bukan hanya air bersih, akses jalan raya dan jaringan listrik PLN juga menjadi masalah urgen bagi kelangsungan hidup warga desa di wilayah Kecamatan Kei Besar Selatan Barat ini.

Kondisi itu pun membutuhkan upaya dan langkah konkret agar kebutuhan dasar warga Hako tersebut terfasilitasi.

Nurjana Rahakbauw, salah satu warga Ohoi Hako kepada Marrinnews.com mengungkapkan warga setempat sangat kesulitan dalam mendapatkan kebutuhan air bersih. Selama ini, warga hanya bergantung pada air hujan.

Selain itu, tidak ada akses jalan darat untuk memasuki Ohoi Hako. Satu-satunya akses, yakni melalui jalur laut. Sedangkan untuk kebutuhan penerangan, warga mengandalkan mesin genset dan lampu pelita.

“Iya Pa, selama ini kami sangat sulit mendapatkan air bersih, begitu juga soal listrik. Apalagi akses jalan darat yang tidak ada, akhirnya mau ke desa-desa tetangga, ya mau dan tidak mau walau dalam kondisi musim angin ombak, kami tetap harus lewat jalur laut demi memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Nurjana di Ohoi Hako, Sabtu (27/11/2021).

Nurjana mengaku senang sekaligus bersyukur atas kunjungan Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun di Ohoi Hako.

Menurut dia, orang nomor satu Bumi Larvul Ngabal itu baru kembali menginjakan kaki di Ohoi Hako pasca Pilkada 2018.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Bupati (Thaher Hanubun) karena hari ini sudah datang dan melihat serta mendengar langsung kondisi warga Ohoi Hako,” ujar Nurjana.

Ia optimis kehadiran Bupati Thaher dapat membawa berkah dan perubahan bagi kehidupan warga Ohoi Hako. Terutama dalam hal pemenuhan ketersediaan layanan kebutuhan dasar.

“Harapan kami bahwa dengan hadirnya Pa Bupati saat ini dapat mengupayakan akses air bersih, jalan dan listrik PLN dapat terpenuhi di waktu mendatang. Saya yakin Pa Bupati mampu mengatasi permasalahan kebutuhan dasar dan utama yang ada di Ohoi Hako ini,” ucap Rahakbauw.

Nurjana menilai sosok kepemimpinan Bupati Thaher sangatlah luar biasa dalam mengupayakan percepatan pembangunan di Wilayah Pulau Kei Besar.

“Walau baru menjabat tiga tahun tapi Pa Bupati Thaher berbeda dari Bupati-Bupati sebelumnya. Bupati Thaher sangat luar biasa, biar baru sedikit tapi kami juga sudah menikmati hasil pembangunan yang diupayakan-nya,” tandas Rahakbauw.

Kehadiran Bupati Malra M Thaher Hanubun di Ohoi Hako, pada Sabtu (27/11) adalah dalam rangka kunjungan kerja sekaligus menyerahkan paket bantuan sarana tangkap perikanan berupa 4 unit speadboat dan 1 paket program pemberdayaan pertanian. 

Menariknya, saat menginjakan kaki diatas dermaga, Bupati langsung disambut warga bak Raja. Ia kemudian diarak menuju lokasi acara dengan nyanyian dan tari. Warga tampak begitu antusias menyambut kehadiran Bupati Thaher. Mereka bersorak-sorai bahagia. Sesekali terlihat air mata haru berkaca-berkaca di kelopak mata warga. Suasana haru nan gembira warga tak terbendung walau saat itu dirundung hujan gerimis.

Bupati Malra M Thaher Hanubun terkagum-kagum melihat sambutan hangat warga setempat. Ia lantas menyampaikan terima kasih.

Terkait permasalahan kebutuhan air bersih di Ohoi Hako, Bupati Thaher menyatakan saat ini Pemerintah Daerah tengah berupaya membangun jaringan perpipaan ke wilayah Ohoi Uat dan Ngan. Selanjutnya di tahun 2022 akan diupayakan lagi ke ohoi-ohoi sekitar lainnya, termasuk Ohoi Hako.

“Saya telah melakukan survey langsung ke sumber air namun masalahnya adalah sebagian pipa yang tersedia di sekitar sumber hilang entah kemana. Jadi di tahun 2022 nanti telah dianggarkan untuk dilakukan kembali pembangunan jaringan perpipaan dari Tamangil Nuhu Yanat hingga masuk ke Ohoi Hako, Mudah-mudahan bisa sampai ke Ohoi Ngurko,” ungkap Thaher dalam sambutannya kepada warga di Ohoi Hako.

Sedangkan terkait jaringan pelistrikan, Bupati akui bahwa dirinya juga telah melakukan survey. Kendati begitu, Thaher saat ini ia tak mau mengumbar janji lebih. Namun ia berkomitmen akan berupaya maksimal untuk memenuhi jaringan pelistrikan dan jalan di Ohoi Hako.

“Saya tidak mau janji apa-apa, saya hanya bisa berjuang perlahan-lahan karena semua upaya yang dilakukan tidak hanya membalikan telapak tangan lalu selesai. Saya akan upayakan terus sampai akses jalan bisa tersedia, dengan begitu listrik dan air bersih juga bisa tersedia,” kata Thaher.

Untuk hal ini Bupati meminta dukungan dan doa masyarakat. “Insya Allah, dengan doa semua warga, sebelum akhir masa jabatan ini, semuanya sudah bisa selesai,” tutur dia.

Sebagai informasi, paket bantuan yang disalurkan bagi kelompok di Ohoi Hako merupakan program pemberdayaan dana desa Ohoi Hako tahun anggaran 2021.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar