Marrin News

Semarak Lomba Gerak Jalan Indah Peringati HGN dan HUT PGRI ke 76 di Malra

Potret lomba gerak jalan indah menyambut peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 di Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (22/11/2021). Foto: Gerry 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Menyambut Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 76, ratusan Siswa dan Guru mengikuti lomba gerak jalan indah tingkat Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (22/11/2021).

Ratusan peserta lomba ini terdiri dari 40-an regu, dengan kategori TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/Aliyah. Ada juga kategori guru dan tenaga pendidik.

Lomba gerak jalan indah di Kabupaten Maluku Tenggara mengambil start dari kawasan Pasar Langgur. Dari sini, peserta lomba kemudian dilepas oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Malra, Jan Pieter Rahanra.

Para peserta kemudian melewati sepanjang jalan utama Kota Langgur, Jalan Jenderal Soedirman hingga menuju  finish di depan Gedung DPRD Maluku Tenggara, Jalan Soekarno Hatta Ohoijang.

Pantauan Marrinnews.com, tampak sisi kiri dan kanan jalan-jalan yang dilewati para peserta dipenuhi warga yang terus memberikan semangat. Sejumlah warga juga mengabadikan para peserta dengan berbagai jenis kamera dan ponsel.

Para peserta terlihat antusias mengikuti gerak jalan indah tersebut. Dibeberapa titik jalan utama, para peserta menampilkan gerakan-gerakan variasi unik. Aksi-aksi ini pun mengundang decak kagum penonton.

Busana yang dikenakan para peserta sangat unik dan menarik. Ada yang memakai atasan busana adat Kei, ada pula yang mengenakan kostum layaknya fashion show. Ada juga regu yang mengenakan kostum seragam sekolah dan olahraga beragam warna. Selain busana, peserta juga mengenakan masker.

Lomba gerak jalan indah ini merupakan kerja sama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara dengan Dinas Pendidikan dan ebudayaan Provinsi Maluku UPTD Maluku serta Persatuan Guru Republik Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi keterlibatan seluruh komponen satuan pendidikan dalam kegiatan lomba ini,” ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan Malra, Umar Hanubun kepada wartawan di Langgur.

Hanubun mengatakan lomba gerak jalan indah ini tidak hanya sekadar untuk memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan hari jadi PGRI ke 76 pada 25 November 2021 nanti, melainkan juga untuk mempererat silaturahmi antar seluruh komponen satuan pendidikan di bumi Larvul Ngabal.

Menurut dia, selain lomba gerak jalan indah, terdapat juga beberapa kegiatan lomba yang diselenggarakan untuk mengisi kemeriahan HGN dan HUT PGRI tahun ini. Kegiatan-kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 18 Novmber 2021.

“Sebelumnya kegiatan hari ini, kami sudah laksanakan beberapa jenis kegiatan, diantaranya gerak jalan santai dan bersih kota Langgur serta kegiatan olahraga,” sebut Hanubun.

Hanubun berharap kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus digalakan dalam berbagai momentum peringatan hari-hari besar dunia pendidikan.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilakukan untuk mengisi momen kemeriahan hari-hari umum, seperti peringatan hari Pendidikan 2 Mei, Hari Guru Nasional dan Hut PGRI. Sehingga dapat memupuk kebersamaan dan semangat kekeluargaan siswa dan guru di tanah Kei,” imbuhnya.

Hanubun menandaskan, pengumuman dan penyerahan hadiah dari setiap mata lomba akan diberikan saat acara puncak peringatan di tanggal 25 November 2021 nanti.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar