Marrin News

Ratusan Pelajar dan Guru di Malra “Jalan Santai, Bersih Kota” Sambut HGN 2021

Arak-arakan peserta jalan santai dan bersih sampah melintasi jalanan pusat Ibukota Langgur dalam rangka menyongsong peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 di Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (18/11/2021). Sumber foto: Gerry

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Menyambut Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 76 pada 25 November 2021, ratusan Pelajar dan Tenaga Pendidik di Kabupaten Maluku Tenggara melakukan aksi jalan santai dan pembersihan sampah di jalan kawasan utama Ibukota Langgur, Maluku Tenggara.

Aksi ini juga melibatkan sejumlah pimpinan OPD dan Asisten Setda serta pegawai dinas terkait.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara, bekerjasama dengan UPTD Dinas Pendidikan Provinsi Maluku cabang Maluku Tenggara dan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI).

Adapun kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Malra, Martinus Mon, Kamis (18/11/2021). Ia mewakili Bupati Muhammad Thaher Hanubun, yang saat ini tengah melakukan perjalanan dinas luar daerah.

Rombongan peserta jalan santai mengawali perjalanan dari depan Kantor Camat Kei Kecil menyusuri jalan kawasan utama Kota Langgur hingga persimpangan Watdek. Selanjutnya, melintasi jalan RSUD Karel Sadsuitubun Langgur menuju jalan Soekarno-Hatta Ohoijang dan finish di halaman Kantor Dinas Pendidikan Maluku Tenggara, Jalan Jenderal Soedirman.

Disepanjang perjalanan, para siswa dan guru memungut sampah-sampah plastik dan kertas serta dedaunan. Siswa-siswi terlihat begitu bersemangat. Raut wajah senang nampak kala mereka mendapatkan sampah-sampah yang berserakan dijalan.

Sesekali siswa-siswi ini juga terlihat bersenda gurau sembari berlari berebut memungut sampah. Entahlah, hikmat apa dibalik tingkah kocak bocah-bocah mungil ini, yang pasti mereka terlihat begitu antusias memungut sampah-sampah yang berserakan.

Alunan musik dari marching band SMP St. Theresia Langgur menyemarakan suasana pagi tadi. Siswa-siswi penabuh drumband ini berada pada barisan depan. Keberadaan mereka seakan membakar semangat para peserta jalan santai.

Dua siswa tampak sedang memungut sampah plastik di sekitar jalan yang dilalui peserta jalan santai. Sumber foto: Gerry

Rajut Kebersamaan 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Malra, Umar Hanubun mengatakan rangkaian kegiatan menyongsong Hari Guru Nasional dan PGRI ke 76 menjadi momentum merajut kembali kebersamaan dan kekeluargaan antar satuan pendidikan di Kabupaten Maluku Tenggara.

Hanubun menganggap momentum ini sangatlah tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Oleh karena menurut dia, selama ini ada kerenggangan hubungan antar satuan Pendidikan yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan Malra dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku.

"Selama ini, kita merasa ada sedikit renggang, dimana satuan Pendidikan dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku mengatur rumah tangganya sendiri. Begitu juga sebaliknya dengan kita di Dinas Pendidikan Malra. Oleh karenanya melalui moment ini, dirasa perlu untuk kita dapat kembali mempererat jalinan kebersamaan,” ujar Umar saat ditemui Marrinnews.com di halaman Kantor Disdik Malra usai kegiatan.

Hanubun mengaku dalam hal pelaksanaan kegiatan seperti saat ini, sebelumnya dilakukan terpisah. “Kegiatan seperti ini, biasanya masing-masing jalan sendiri. Untuk itulah melalui moment hari ini, kita berupaya untuk menyatukan kembali,” imbuhnnya.

Hanubun menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kepedulian tenaga pendidik dan siswa terhadap masalah sampah plastik, juga kesehatan dengan sering berolahraga.

Hadiah Spesial di Hari Puncak

Hanubun mengungkapkan ada sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan hingga acara puncak peringatan HGN dan PGRI ke 76, pada 25 November 2021 mendatang.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut, antara lain pertama lomba tenis meja yang berlangsung tanggal 18-22 November 2021. Kedua, lomba kebersihan antar sekolah, dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 22 November 2021. Ketiga, lomba gerak jalan indah pada tanggal 22 November 2021.

Selanjutnya pada acara puncak tanggal 25 November nanti, akan dilangsungkan upacara peringatan HGN dan PGRI ke 76, bertempat di Stadion Maren Langgur, Kamis (25/11/2021).

Hanubun menyebut pada acara puncak nanti akan ada pula pemberian hadiah dan piagam penghargaan bagi guru, pengawas dan kepala sekolah berprestasi.

Pemberian hadiah dan piagam dimaksud, jelas dia, dilakukan berdasarkan hasil rekrutmen yang dilakukan Dinas Pendidikan Malra melalui program DPA.

“Program ini sementara kita lakukan. Nantinya setelah kita rekrut dan dapatkan hasil maka akan diumumkan dan diberikan hadiah kepada para pemenang saat acara puncak peringatan,” ujar Hanubun.

Ia menandaskan, hadiah yang diberikan bagi para pemenang lomba dan rekrutmen tenaga kependidikan berprestasi bersifat variatit. “Kemungkinan piagam ataupun sejumlah uang pembinaan,” kata Umar.

Untuk diketahui, pada Bulan November ini kita memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Hari Guru Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) lahir pada tanggal 25 November 1945. Pada tanggal ini juga ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.

Tema yang diusung pada Hari Guru Nasional tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar