Marrin News

Moment HKN ke-57, Dinkes Malra Luncurkan Unit Layanan Penanganan Gadar Kesehatan

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, didampingi Dinas Kesehatan Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun memperkenalkan unit layanan Gadar Kesehatan dan meresmikan Gedung PSC 119. Acara berlangsung, Jumat (12/11/2021) pagi. Sumber foto: Gerry

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

“Pos pelayanan gawat darurat terpadu atau Public Safety Center PSC 119 merupakan unit penanganan kegawatdaruratan masyarakat yang dapat memberikan respon cepat dan tepat untuk mencegah kecacatan dan menyelamatkan nyawa dengan penyampaian informasi secara cepat oleh masyarakat,” _Dokter Katrinje Notanubun, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara. 

Langgur, MARRINNEWS.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 menjadi momentum spesial bagi masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara. Tepat di Hari Kesehatan Nasional tahun 2021, Dinas Kesehatan Maluku Tenggara memperkenalkan unit penanganan kegawat daruratan (Gadar) masyarakat.

Unit penanganan Gadar tersebut dikenal sebagai Public Safety Center (PSC) 119 dengan model pelayanan call center dan aplikasi Emergency Button.

Layanan informasi Gadar berbasis digital ini resmi telah diluncurkan Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, Jumat (12/11/2021) pagi di Langgur.

Dalam kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Haji Thaher itu juga meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) 119.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tenggara, dr Katrinje Notanubun menjelaskan Public Safety Center 119 merupakan program inovasi Dinas Kesehatan Maluku Tenggara untuk bidang kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Secara singkat, PSC 119 adalah program layanan cepat tanggap darurat kesehatan dan keselamatan terpadu masyarakat dengan sistem jemput bola. Warga yang sakit dan bersifat darurat nantinya bisa mendapat tindakan medis pertama, tanpa atau sebelum mendatangi rumah sakit.

“Pos pelayanan gawat darurat terpadu atau Public Safety Center PSC 119 merupakan unit penanganan kegawatdaruratan masyarakat yang dapat memberikan respon cepat dan tepat untuk mencegah kecacatan dan menyelamatkan nyawa dengan penyampaian informasi secara cepat oleh masyarakat,” papar Notanubun.

Warga yang ingin mendapat pelayanan bisa menghubungi pusat panggilan melalui call center (081343450605) atau dapat mengakses data ke sistem informasi ApIikasi Emergency Button Maluku Tenggara. Aplikasi layanan ini dapat di download melalui playstore pada android.

“Untuk penerimaan informasi akan ditangani oleh Call Tracker dan segera diteruskan ke Agen PSC. Call Tracker akan terus memantau semua kejadian atau tindakan yang dilakukan oleh Agen PSC dan dijadikan sebagai evaluasi (Respon Time),” ungkap dokter Ketty, sapaan akrab Kadis Kesehatan Malra itu.

Dokter Ketty menyebut layanan PSC 119 mulai dibentuk sejak tahun 2020 dan telah banyak berkontribusi dalam pelayanan kegawatdaruratan masyarakat, termasuk dalam penanganan kasus COVID-19 di Kabupaten Maluku Tenggara.

Proses Uji Coba aplikasi layanan Publik Safety Center 119 oleh Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun, yang didampingi Kadis Kesehatan dr Katrinje Notanubun. Sumber foto: Gerry. 

Sementara itu, Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun menyampaikan apresiasi atas hadirnya inovasi layanan bidang kesehatan ini.

“Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini, Maluku Tenggara memulai program kesehatan yang istimewa dengan menghadirkan layanan PSC 119. Insya Allah, Maluku Tenggara telah selangkah maju layaknya kota-kota besar di Indonesia. Semoga Maluku Tenggara jadi kota dengan pelayanan kesehatan terbaik, sehingga semua lini permasalahan mudah-mudahan turut bisa terselesaikan,” ujar Thaher.

Menurut Thaher, layanan informasi digital sangat berdampak positif, khususnya dalam bidang kesehatan. Namun begitu, kata dia bahwa keberadaan layanan tersebut akan berjalan maksimal apabila terkontrol dengan baik, begitu juga perlu gencar disosialisasikan agar diketahui publik.

“Perlu ada sosialisasi ke masyarakat agar masyarakat tahu dan memanfaatkan layanan ini sesuai kebutuhannya,” tegas dia.

Thaher berharap, hadirnya PSC 119 dengan layanan aplikasi Emergency Button dapat mempercepat penanganan dan pertolongan pada masyarakat yang membutuhkan.

Gedung Public Safety Center 119 Kabupaten Maluku Tenggara. Sumber foto: Gerry

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar