Marrin News

ASN Pemkot Tual Diharapkan Jadi Role Model Implementasi Qris

Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Tual mengikuti sosialisasi tentang penggunaan Qris, sebuah media pembayaran non tunai atau cashless. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Kota Tual, Selasa (9/11/2021). Foto: MN

Penulis: Iwan Kalengkongan

TUAL, MARRINNEWS.com - Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Tual mengikuti sosialisasi tentang penggunaan Qris, sebuah media pembayaran non tunai atau cashless. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Kota Tual, Selasa (9/11/2021).

Sosialisasi ini memaparkan bagaimana Qris sebagai media pembayaran non tunai yang dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran. Dengan begitu, memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Qris dianggap lebih aman daripada tunai.

Melalui sosialisasi tersebut, ASN diharapkan menjadi role model atau contoh implementasi Qris dalam bertransaksi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual Darmawati Amir berharap, ASN dapat menggunakan Qris dalam bertransaksi, baik sebagai konsumen maupun pelaku usaha.

“Hari ini kita sudah sosialisasi, memberikan pemahaman penyadaran kepada ASN. Kita berharap ASN kita menjadi role model bagi masyarakat selain mereka juga pelaku usaha mereka juga adalah pembeli,” kata Amir kepada wartawan usai kegiatan.

Amir menambahkan, ada sejumlah tantangan dalam menerapkan pembayaran non-tunai ini di Tual, antara lain jaringan internet, masyarakat belum terlalu melek digital, masih banyak pedagang yang tidak menggunakan smartphone, dan kemudian perilaku masyarakat kita yang masih mengidolakan uang tunai.

Mendukung hal tersebut, Asisten I Setda Tual Rini Atbar yang mewakili Walikota, kembali menegaskan soal ASN harus menjadi contoh dalam mengimplementasikan Qris.

“Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan pembayaran dan teknologi belanja secara online, pada toko-toko atau gerai-gerai, restoran dan sebagainya, kita harus selamatkan pasar dengan teknologi digital ini, tentunya bukan perkara mudah untuk mewujudkan Kota Tual dengan digital,” kata Rini.

Sebab itu, lanjut dia, edukasi dan pembinaan kepada masyarakat dan pelaku usaha terus dilakukan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar