Marrin News

317 Pebulutangkis Ikuti Open Turnamen Bupati Cup “HUT Malra ke 69”

Acara pembukaan Open Turnamen Bulutangkis Bupati Cup 2021 Kabupaten Maluku Tenggara di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal, Senin (15/11/2021). Sumber foto: Dokpri Geraldo Leisubun. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com- Turnamen bulutangkis bertajuk “Open Tournament Badminton Bupati Cup 2021” di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) telah dimulai, Senin (15/11/2021) pagi. Turnamen diprakarsai oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Maluku Tenggara.

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun bersama Dandim 1503 Tual Letkol Inf. Mario C. Noya, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, dan perwakilan Kapolres Malra secara resmi membuka turnamen tersebut, ditandai dengan pemukulan shuttlecock secara bersamaan.

Kejuaraan badminton menyongsong peringatan HUT Kabupaten Maluku Tenggara ke 69 ini akan berlangsung selama sembilan hari, mulai 15 hingga 23 November 2021 di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal, jalan Soekarno-Hatta Ohoijang-Langgur.

Turnamen diikuti oleh 317 pebulutangkis dari berbagai kalangan, dengan mempertandingkan 10 kategori baik putra maupun putri. Yakni ganda putra beregu instansi, ganda putra beregu umum, ganda putri, tunggal putra usia dini, tunggal putri usia dini, tunggal putra dan putri remaja, ganda putra dan putri remaja, serta ganda veteran.

Adapun peserta dari kategori anak usia dini tingkat SD berjumlah 32 peserta, remaja tingkat SMP 31 peserta, remaja tingkat SMA 28 peserta. Kemudian kategori umum dan instansi sebanyak 184 peserta, 22 peserta veteran, dan 20 peserta ganda putri umum.

Junjung Sportivitas “Ayo Olahraga”

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun mengatakan open turnamen bulutangkis yang diselenggarakan merupakan bagian dari implementasi gerakan nasional “Ayo Olahraga”.

Lebih dari itu, Thaher menekankan kejuaraan tersebut sebagai upaya peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Open turnamen ini juga bertujuan meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat. Sekaligus membangun karakter tangguh yang nantinya dapat melahirkan bibit ohlaragawan bulutangkis potensial,” ungkap Bupati Thaher saat membuka Open Tournament Badminton Bupati Cup 2021, Senin (15/11/2021) di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal.

Thaher menyatakan Pemerintah daerah menyambut baik turnamen bulutangkis ini. Namun dibalik itu, ia berharap agar event ini terus ditingkatkan dan rutin dilaksanakan.

“Turnamen seperti ini sangat penting dilaksanakan sehingga prestasi olahraga masyarakat Maluku Tenggara dapat terus meningkat dari waktu ke waktu,” tegas Ketua KONI Malra itu.

Lebih lanjut, menurut Thaher bahwa ohlaraga memiliki keterkaitan erat dengan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Oleh karenanya, olahraga perlu terus digalakan dari kalangan keluarga hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Pribadi yang sehat menjadi cikal bakal bagi tumbuhnya keluarga dan bangsa yang sehat,” imbuhnya.

Bupati mengingatkan peserta dan perangkat pertandingan agar menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran selama turnamen berlangsung sehingga dapat berakhir dengan aman dan damai.

“Semua pihak harus bisa mendudukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Atlet dan Manajer tim, wasit dan perangkat pertandingan lainnya, begitu juga untuk supertor atau pendukung tim, kedepankanlah azaz-azaz keadilan, objektifitas dan sprotivitas,” pungkas Thaher.

Turnamen bulutangkis di bumi Larvul Ngabal diselenggarakan dengan mengusung tema 'Junjung Tinggi Sportivitas, Bersama dalam Silaturahmi'. 

Untuk diketahui, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Maluku Tenggara dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Kabupaten Maluku Tenggara merupakan kabupaten induk di Maluku bagian tenggara. Malra telah melahirkan empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kota Tual.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar