Marrin News

Wagub Orno: Festival Meti Kei “Lilin Pemberi Cahaya Bagi Maluku”

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno membuka pergelaran Karnaval Budaya FPMK 2021 di Maluku Tenggara, Sabtu (23/10/2021). Foto: Ichad Ohoira-Bag Prokopim Malra. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengaku terkesan dengan penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei 2021 di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Luar biasa sekali. Ini merupakan salah satu potensi untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal kita kepada Indonesia dan dunia luar,” kata Wagub Orno dalam sambutannya pada pembukaan Karnaval Budaya FPMK 2021, yang berlangsung di Stadion Maren Langgur, Maluku Tenggara, Sabtu (23/10/2021).

Orno menyebut Festival Meti Kei sudah terkenal hingga ke mancanagera. Dengan begitu, ia mengklaim, festival tahunan di Bumi Larwul Ngabal ini dapat berpotensi memberikan kontribusi besar bagi perkembangan pariwisata Maluku.

“Tamu-tamu dari luar negeri atau pusat datang, mereka bilang ‘kita mau ke Festival Meti Kei. Meti Kei di mana’. Meti Kei di Maluku Tenggara, Maluku. Dengan sendirinya Maluku yang lain dikenal. Itu berarti Festival Meti Kei punya kontribusi besar bagi potensi pariwisata Maluku,” ujar Orno.

Orno menekankan penyelenggaraan FPMK tidak hanya untuk mempromosikan Maluku Tenggara, melainkan juga seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Maluku. Maluku Tenggara

“Mulai dari sini. Ini (FPMK, red) menjadi lilin, untuk memberi cahaya bagi seluruh Maluku,” ujar Wagub Orno.

Keberadaan Maluku, lanjut kata Orno bagai surga dan taman bunga dengan beragam budaya dan filsofi adat didalamnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat Maluku Tenggara secara khusus dan Maluku pada umumnya senantiasa menjaga dan merawat nilai-nilai budaya yang ada.

Sebagai informasi, Karnaval Budaya FPMK 2021 dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno, didampingi Sekertaris Daerah Maluku Tenggara Ahmad Yani Rahawarin dan anggota DPR RI Mercy Barends.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar