Marrin News

Vaksinasi di Kota Tual Capai 21,4 Persen

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual drg. Maxie Tinggogoy. Sumber foto: MN

Penulis/Editor: Redaksi

TUAL, MARRINNEWS.com - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual drg. Maxie Tinggogoy mengatakan, progres vaksinasi di Tual Provinsi Maluku sudah mencapai 15.000an orang atau sekitar 21,4 persen dari target.

Pemkot Tual menargetkan sebanyak 70 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 61.796 orang yang akan tervaksinasi hingga Desember mendatang.

Hal itu dilakukan guna membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

“Pemberian dosis 1 dan dosis 2 itu ada beda yang cukup besar. Pemberian dosis 2 baru sekitar 6.000an (sementara dosis 1 sudah 15.000an),” jelas Maxie di Tual, Rabu (6/10/2021).

Maxie menambahkan, vaksin yang diberikan itu sudah menjangkau seluruh elemen masyarakat. Mereka tidak hanya menyasar kelompok tertentu saja seperti pengaturan sebelumnya.

“Kita sasar seluruh elemen masyarakat. Kita sudah sentuh para Lansia, ibu hamil, bahkan anak-anak 12-17 tahun,” jelas Maxie.

Pemberian dosis 3 bagi tenaga kesehatan (nakes) pun sudah dilakukan. Menurut Maxie, mereka sudah memberikan vaksin dosis 3 kepada 100an tenaga kesehatan. Sebanyak 30 persen nakes sudah terima vaksin jenis moderna.

Terhitung tinggal tiga bulan lagi, Pemkot sudah harus menuntaskan vaksinasi sesuai target. Meski demikian, kata Maxie, pihaknya mengalami kendala pada sosialisasi dan ketersediaan vaksin.

“Biasanya kami sudah percepatan, tetapi stok vaksin kami minta itu tidak diakses cepat. Ini salah satu penghambat,” kata Maxie.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar