Marrin News

Tingkatkan Produktifitas Nelayan, Wali Kota Serahkan 63 Paket Bantuan Perikanan

Tampak Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si bersama Kadis Perikanan Salma Laisouw dan Wakil Ketua DPRD Ali Mardana saat foto bersama perwakilan nelayan penerima paket bantuan Perikanan 

Tual, Marrinnews.com.- Pasca ekspor perdana hasil perikanan melalui PT SIS, Pemerintah Kota Tual secara kontinyu terus mendorong serta meningkatkan produktifitas nelayan dengan memfasilitasi sarana dan prasarana alat penangkapan ikan.

Kadis Perikanan Kota Tual Salma Laisouw saat di temui usai penyerahan paket bantuan oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si kepada 63 kelompok nelayan mengatakan Pemerintah Kota Tual terus berupaya meningkatkan produksi perikanan dalam rangka mendukung aktivitas ekspor dari Tual.

"Dari sarana penangkapan sederhana, kita berikan sarana penangkapan yang lebih modern sehingga diharapkan bisa beroperasi sampai ke jarak 2-3 mil ke laut," ujar Kepala Dinas Perikanan Tual Salma Laisouw Selasa (12/10/2021) di Balai Kota Tual.


Bantuan diantarannya Kasko Fiber 3 GT yang dilengkapi mesin tempel 40 PK, Kasko Fiber 1,5 GT dengan mesin tempel 15 PK, dan Kasko Fiber 1 GT dengan mesin ketinting. Kemudian jaring gill net, pancing tonda, cool box, life jacket,  dan lampu tanda yang telah diserahkan Wali Kota Tual diharapkan Laisouw dapat mendukung produktifitas nelayan. 

"Selain itu, ada bantuan sarana distribusi untuk pemasaran hasil perikanan, berupa motor roda dua sebanyak 13 unit, yang dilengkapi dengan keranjang, ember, dan cool box" Rincinnya.

"Kami juga sudah menyalurkan bantuan kendaraan roda tiga sudah lebih awal untuk kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan," tambah Laisouw.

Selain sarana dan prasarana Laisow mengatakan, Pemkot Tual juga mengajak investor agar membeli semua jenis ikan bernilai ekonomis yang ditangkap nelayan sehingga diharapkan bisa bedampak pada pendapatan nelayan.

Upaya tersebut telah dilakukan pihaknya di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar sehingga saat ada investor yang langsung turun ke desa-desa di Tual untuk membeli langsung dari nelayan juga sebaliknya nelayan bisa langsung menjual hasil tangkapannya di PPN Dumar.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar