Marrin News

Terkait Aktivitas Ekspor, Ini Sikap dan Aspirasi Masyarakat Adat Tual


Marrin News
Kapitan Ohoitelvav, M. Saleh Rengur tampil membacakan teks pernyataan sikap dan aspirasi Masyarakat Kota Tual, Rabu (06/10/2021) sore. Tampak Raja Dullah, Bayan Renuat, Raja Ohoitahit, Husein Abu Reniwuryaan, dan Raja Tual, Djafar Tamher turut berdiri mendampingi Sang Kapitan. Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw

Agar perusahaan merekrut putra-putri asli Provinsi Maluku dan lebih khusus putera-puteri yang berada di Kepulauan Kei yang berkompeten sebagai tenaga kerja.

Tual, Marrinnews.com – Masyarakat Kota Tual menyampaikan sejumlah pernyataan sikap dan aspirasi kepada pemerintah pusat terkait aktivitas ekspor dari kota itu yang sudah diluncurkan di kawasan dermaga PT. Samudera Indo Sejahtera (SIS), Desa Ngadi, Rabu (06/10/2021) sore.

Pernyataan itu disampaikan langsung di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sesaat setelah keduanya dikukuhkan sebagai anak adat Kei.

Adapun tiga orang raja dan seorang kapitan dalam wilayah Kota Tual tampil mewakili tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menyampaikan sikap dan aspirasi masyarakat Kota Tual. Sementara sejumlah pimpinan agama juga tampak hadir dalam kegiatan dimaksud.

Kapitan Ohoitelvav, M. Saleh Rengur dipercayakan untuk membacakan teks pernyataan dalam Bahasa Kei itu. Sementara Raja Dullah, Bayan Renuat, Raja Ohoitahit, Husein Abu Reniwuryaan, dan Raja Tual, Djafar Tamher tampak berdiri mendampingi sang Kapitan.

Usai disampaikan dalam Bahasa Kei, Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Kabag Prokopim Setda) Kota Tual, Mochsen Ohoiyuf, kemudian membacakan teks terjemahan Bahasa Indonesia pernyataan sikap dan aspirasi para tokoh adat.

Berikut teks lengkap Bahasa Indonesia Pernyataan Sikap dan Aspirasi Masyarakat Kota Tual terkait aktivitas ekspor produk perikanan:

“Pada hari ini saya atas nama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Kota Tual menyampaikan beberapa pokok pikiran kami serta aspirasi pada Bapak Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan bersama rombongan bahwa:

1. Kami semua menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih masyarakat Kota Tual yang mana dengan kesibukan bapak-bapak yang begitu besar telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke daerah kami ini untuk mewujudkan kesejahteraan di daerah ini.

2. Kami semua akan mendukung kebijakan atau apa yang direncanakan oleh pemerintah pusat lewat kunjungan pada sore hari ini.

3. Kami berharap agar rencana 600 buah kapal yang akan melakukan penangkapan ikan dan pendaratan di pelabuhan PPN Tual dan Pelabuhan PT Samudera Indo Sejahtera direalisasikan, karena masyarakat Kota Tual telah menunggu dan tidak sabar lagi menantikan kehadirannya.

4. Kami sanggup menjaga dan menciptakan suasana yang aman dan damai di daerah ini.

5. Kami meminta dukungan dari Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan dan Bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi yang datang, agar perusahaan merekrut putra-putri asli Provinsi Maluku dan lebih khusus putera-puteri yang berada di Kepulauan Kei yang berkompeten sebagai tenaga kerja.

6. Kami minta kepada Bapak Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan dan Bapak Budi Karya Sumadi yang datang, agar mengingatkan kepada perusahaan ini maupun seluruh perusahaan yang ada di daerah ini untuk membantu memperhatikan dan ikut membangun rumah-rumah ibadah di sekitar perusahaan ini baik masjid maupun gereja, dan tempat ibadah lainnya.

7. Agar apa yang menjadi pokok-pokok pikiran dan aspirasi kami ini mudah-mudahan dapat diterima dan berjalan dengan baik.

Dari apa yang saya sampaikan ini, jikalau ada hal-hal yang kurang berkenan, saya menyampaikan permohonan maaf untuk Bapak-Bapak Menteri dan rombongan serta semua yang ada di tempat ini.”
Usai menyampaikan sikap dan aspirasinya, keempat tokoh adat kemudian menandatangani naskah yang telah dibacakan tersebut.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar