Marrin News

Sandiaga Uno: “Festival Meti Kei” Wujud Kebangkitan Industri Parekraf di Maluku Tenggara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat menyampaikan sambutan pada acara Talkshow Harmony Festival Pesona Meti Kei 2021, Kamis (21/10/2021). Sumber foto: tangkapan layar pada kanal YouTube Visit Kei. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Kurang lebih dua tahun Pandemi Covid 19 telah berdampak buruk bagi kelangsungan roda perekonomian bangsa diberbagai sektor, tak terkecuali dunia industri Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara lantas tak tinggal diam. Berbagai upaya pun dilakukan untuk meminimalisasi dampak yang berkepanjangan, salah satunya dengan menyelenggarakan kembali event tahunan Festival Pesona Meti Kei (FPMK).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno menyebut Pemda Malra memiliki optimisme luar biasa dibalik penyelenggaraan event pariwisata bertajuk Festival Pesona Meti Kei 2021.

Sandiaga menilai optimisme tersebut merupakan representasi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Maluku Tenggara melalui bidang event, meski masih dilanda Pandemi Covid-19.

“Penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei oleh Pemerintah Daerah Maluku Tenggara menunjukan adanya semangat untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Talkshow Harmoni Festival Pesona Meti Kei 2021, Kamis (21/10/2021).

Sandiaga lanjut katakan bahwa perhelatan FPMK ke VI tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan berbagai elemen, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Maluku.

“Apresiasi sebesar-besarnya saya sampaikan kepada penyelenggara kegiatan, khususnya Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku pada Festival Pesona Meti Kei 2021,” ucap dia. 

Sandiaga menjelaskan, Festival Pesona Meti Kei merupakan event tahunan kebanggaan masyarakat Kepulauan Kei. Event ini sendiri sudah diselenggarakan sejak tahun 2016.

Ia menekankan bahwa FPMK telah masuk dalam agenda nasional “event kharisma nusantara” tahun 2021 kategori skala event regional.

“Berbagai rangkaian kegiatan FPMK yang menampilkan atraksi bahari, karnaval budaya hingga berbagai lomba diharapkan mampu menarik dan mendatangkan wisatawan,” imbuhnya.

Disiplin Prokes Covid 19

Sandiaga mengajak masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar sedapat mungkin menyukeskan FPMK di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Melalui event ini kita wujudkan Maluku Tenggara sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Menparekraf.

Sandiaga mengingatkan juga agar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat diterapkan saat event berlangsung.

“Jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol secara ketat, terutama saat berlangsungnya acara. Mari terapkan 3G; Gercep-gerak cepat, Geber-gerak bersama dan Gaspol agar bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mampu menggerakkan ekonomi daerah," kata Sandiaga.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei 2021 di Maluku Tenggara menggunakan konsep Hybrid event. Untuk itu, selain dapat menikmati langsung sajian event FPMK secara offline, Traveler juga bisa menyaksikannya lewat kanal YouTube resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara ‘Visit Kei'.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar