Marrin News

Presiden Jokowi Respon Nasib Jalan Trans Kei Besar “Saya Akan Perintahkan Menteri PU”

Presiden Joko Widodo sedang berbicara dengan Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun soal kelanjutan pembangunan Jalan Trans Kei Besar dalam rapat virtual, Senin (25/10/2021). Sumber foto: tangkapan layar video yang diunggah Diskominfo Malra. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun intens memperjuangkan percepatan pembangunan di wilayah Pulau Kei Besar, salah satunya adalah jalan Trans Kei Besar. Berbagai upaya pun ia lakukan untuk hal itu, mulai dari berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, DPR hingga rela berhari-hari mengantre di kantor Kementerian terkait di Jakarta.

Terkini, dalam rapat virtual bersama Presiden RI Joko Widodo pada Senin (25/10/2021) sore, Bupati Thaher tak tanggung-tanggung meminta langsung dukungan orang nomor satu NKRI.

Rapat bersama Presiden tersebut seyogyanya membahas terkait PPKM dan percepatan vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah. Namun, Bupati menggunakan kesempatan itu untuk melaporkan perkembangan jalan Trans Kei Besar.

Dalam laporannya, Bupati Thaher menyampaikan bahwa sesuai amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020, pembangunan jalan Trans Pulau Kei Besar telah diamanatkan sebagai major project RPJMN 2020-2024 sepanjang 101,6 Km. Sampai dengan tahun 2021, baru terealisasi sebesar 10,28 persen.

Merespon laporan Bupati tersebut, Presiden Jokowi mengatakan akan memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera menindaklanjuti project pembangunan jalan Trans Kei Besar sebagaimana yang dilaporkan Bupati Thaher.

“Sebenarnya ini urusan tentang pandemi, tapi karena menyinggung untuk jalan, gak apa-apa. Nanti biar saya perintahkan Menteri PU untuk ngecek yang tadi, 101 km jalan (Trans Kei Besar, red), setelahnya baru dilapor lagi ke saya. Pa Bupati, terima kasih,  terima kasih,” ujar Jokowi.

Sementara terkait pandemi, Bupati Thaher melaporkan perkembangan vaksinasi, pembelajaran tatap muka, serta masalah perekonomian di Kabupaten Maluku Tenggara.

Menanggapi laporan Bupati ini, Jokowi meminta agar proses vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara dipercepat. Presiden juga akan memerintahkan Menteri Kesehatan untuk menambah kebutuhan vaksin guna percepatan program vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Nanti urusan yang berkaitan dengan vaksin, nanti saya perintahkan Menkes, kalau bisa dikirim lagi secepatnya,” kata Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, rapat bersama Presiden Jokowi tersebut diikuti seluruh menteri dan penjabat setingkat menteri serta seluruh kepala daerah provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar