Marrin News

Pemkot Tual Sambut Kedatangan Menko Marves dan Menhub

Para Raja di wilayah Kota Tual menyambut kehadiran Menko Luhut Binsar Panjaitan dan Menhub Budi Karya Sumadi secara adat di kawasan dermaga PT. SIS, Kota Tual, Rabu (06/10/2021). Foto: Ghege. 

Pewarta: Nick Renleuw

"Ia berharap aktivitas ekspor bisa menambah devisa negara, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani"

Tual, MARRINNEWS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Tual, Rabu (06/10/2021).

Rombongan Menteri tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur sekira pukul 14.30 WIT. Di ruang VIP Bandara, Para Menteri melakukan diskusi dengan Bupati Malra, Muhamad Thaher Hanubun terkait pengembangan Seaweed Estate di Kabupaten Malra. Selanjutnya, rombongan bertolak ke Kota Tual.

Menko Luhut dan Menteri Budi tiba di kawasan Pelabuhan PT. Samudera Indo Sejahtera (SIS) sekira pukul 15.30 WIT. Dua Menteri Kabinet Indonesia Maju ini diterima langsung oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan, Wakil Wali Kota Usman Tamnge dan jajaran serta tokoh adat.

Seluruh rangkaian kegiatan diawali dengan pengukuhan gelar sebagai anak adat Kei kepada kedua menteri oleh para raja dan kapitan. Pengukuhan pun diawali dengan ritual adat rinin oleh Raja Ohoitahit.

Selanjutnya, prosesi pengukuhan gelar anak adat dipimpin oleh Raja Tual. Sementara pengukuhan berlangsung, kedua menteri meletakkan kaki kanannya di atas piring adat yang telah disediakan. Ritual diakhiri dengan penyematan gelang adat Kei kepada kedua menteri.

Sesudah pengukuhan, para raja mewakili tokoh adat dan tokoh masyarakat Tual yang hadir, menyatakan sikap dukungan terhadap aktivitas ekspor di Kota Tual. Selain diucapkan, para raja juga menandatangani pernyataan dukungannya.

Selesai seluruh ritual adat, acara seremonial peluncuran ekspor perdana hasil perikanan PT. Samudera Indo Sejahtera pun dimulai. Seremonial diawali dengan pemutaran video presentasi potensi perikanan dan pengembangannya.

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan dalam ucapan selamat datang mengungkapkan kebahagiaan masyarakat Kota Tual menyambut kedatangan Menko Luhut dan Menteri Budi beserta rombongan di Kota Tual.

“Tual sejak bulan Maret dicanangkan bersama Kabupaten (Biak) Numfor dan alhamdullilah hari ini dengan ijin Tuhan, bapak berkenan meluangkan waktu menyempatkan diri untuk melaunching perdana ekspor ikan di Kota Tual. Karena itu, Tual hari ini sudah bangkit kembali,” ungkap Rahayaan.

Rahayaan menyatakan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual dalam melaksanakan aktivitas ekspor. Ia berharap aktivitas ekspor bisa menambah devisa negara, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar