Marrin News

Wali Kota Serahkan Plakat BSPS Warga Penerima Bantuan

Marrin News
Wali Kota Adam Rahayaan menyerahkan plakat BSPS kepada salah seorang warga penerima bantuan di Kelurahan Masrum, Senin (20/09/2021). Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw 

Atas upaya Wali Kota dan jajaran, sebanyak 100 rumah di Kota Tual memperoleh BSPS untuk tahun anggaran 2021. 

Tual, Marrinnews.com - Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S. Ag., M.Si., menyerahkan secara simbolik plakat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada warga penerima bantuan di Kelurahan Masrum dan Dusun Mangon, Senin (20/09/2021). 

Bantuan tersebut telah disalurkan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Provinsi Maluku. Bantuan mulai diterima warga Tual dan dikerjakan sejak bulan Maret 2021 lalu. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BSPS untuk Kota Tual, Sadli Soleman, ST menjelaskan bahwa BSPS merupakan bantuan pemerintah pusat lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Atas upaya Wali Kota dan jajaran, sebanyak 100 rumah di Kota Tual memperoleh BSPS untuk tahun anggaran 2021. 

"Pada hari ini Pak Wali Kota secara simbolik menyerahkan bantuan yang sudah selesai rumahnya. Karena ini kan usulan pemerintah daerah, usulan Pak Wali Kota terhadap pemerintah pusat untuk memperbaiki rumah-rumah warga ini," terang Soleman kepada awak media di sela-sela kegiatan. 

Lebih lanjut Soleman merinci, 100 warga Kota Tual penerima bantuan BSPS terdiri dari 47 rumah di Kelurahan Masrum dan 53 rumah di Dusun Mangon, Desa Tual. Total bantuan yang diterima sebanyak Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta untuk bahan dan Rp2,5 juta untuk upah kerja. 

"Jadi rata-rata rumah itu dikasih bantuan tapi harus ada swadaya pemilik rumah, tidak semua dibangun oleh bantuan. Dia hanya dikasih stimulan, selebihnya swadaya. Masyarakat diajak membangun bersama, kita tidak kasih cuma-cuma, harus diajak sama-sama. Swadayanya bahkan mungkin lebih besar dari bantuan," paparnya. 

Menurut Soleman, Wali Kota Adam Rahayaan berpesan kepada penerima bantuan yang belum menyelesaikan pembangunan rumahnya agar segera diselesaikan secepatnya supaya ada raport hijau di pemerintah pusat. 

"Ini juga menjadi momentum Pak Wali Kota untuk melihat kebutuhan warganya khususnya di bidang perumahan," pungkasnya. 

Acara penyerahan plakat diawali dengan pertemuan antara Wali Kota dengan warga penerima bantuan. Awalnya, di Kompleks Puncak Kelurahan Masrum dan selanjutnya di Dusun Mangon. 

Usai bertatap muka dengan warga Wali Kota menyerahkan secara simbolis plakat BSPS kepada perwakilan warga. Masing-masing 3 pemilik rumah di Kelurahan Masrum dan 2 pemilik rumah di Dusun Mangon. 

Kepala BP2P Maluku, Ir. Yones Yubilia Biring bersama jajaran juga hadir langsung dalam kegiatan dimaksud. Sementara Wali Kota didampingi oleh antara lain Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Usman Renur, Direktur PDAM Maria Far-Far dan sejumlah OPD terkait.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar