Marrin News

Tiba Di Finua Kaimear Wakil Walikota Ajak Pemuda Dukung Pemkot Dengan Menjaga Asset


Oleh : Iwan Kalengkongan

Tual, Marrinnews.com.- Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge bersama tim BAKTI, pada Minggu (19/9/2021) melakukan kunjungan kerja ke Finua (Desa) Kaimear Kecamatan Pulau -pulau Kur. 

Finua Kaimear merupakan wilayah administratif Kota Tual. Desa ini berada pada pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Seram Bagian Timur. Rombongan Wawali menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam dari Kota Tual dengan menumpang KMP Tanjung Madlahar. Rombongan sempat transit di Ohoi (Desa) Langgiar, Kecamatan Tayando Tam. 

Perjalanan Wawali Tamnge kali ini cukup menantang. Mereka harus bercibaku dengan kondisi ekstrim laut. Belum lagi, wilayah tersebut tidak memiliki tambatan atau pelabuhan yang representatif. Akibatnya, Wawali beserta penumpang lainnya harus melanjutkan perjalanan dengan menumpangi longboat sewaan milik warga setempat untuk bisa tiba di daratan Finua Kaimear. 

Sayangnya, longboat tersebut tak bisa menghantar Wawali dan rombongan ke daratan, lantaran kondisi air laut yang sedang surut. Mereka lantas melepas sepatu dan melipat kaki celana untuk selanjutnya berjalan menyusuri karang bebatuan hingga tiba di daratan. 

Disambut dengan Adat dan Tarian

Setelah melewati rintangan, Wawali akhirnya tiba di Finua Kaimear. Kehadiran orang nomor dua Kota Tual itu langsung disambut secara adat oleh tokoh adat, masyarakat dan tokoh agama setempat. Pada prosesi penyambutan tersebut, salah satu tetua melakukan serangkaian ritual adat. Salah satunya, memercikan air suci dengan menggunakan janur kelapa. 
Usai dari prosesi itu, Wawali dan ombongan kemudian dihantar menuju tengah finua. Disana, sanggar tari yang didominasi ibu ibu paruh baya memberikan penyambutan dengan tarian dan lagu. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada Wawali Tamnge. 

Dukungan Pemuda

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge dalam sambutan mengajak para Pemuda agar mendukung Pemerintah Kota Tual dengan menjaga seluruh asset yang telah dibangun, hal ini mengingat pada konflik beberapa waktu lalu balai Finua dan beberapa asset sempat dirusak.

Wakil Walikota Usman Tamnge saat menyampaikan sambutan di Finua Kaimear Minggu (19/09/2021)

"Bapak Wali Kota menyampaikan salam hormat kepada semua warga, mengingat ada beberapa agenda yang harus diikuti sehingga tidak bisa hadir disini," Ucap Wakil Walikota Tual Usman Tamnge di Finua Kaimear, Minggu (19/09/2021).

Lebih lanjut Tamnge mengatakan saat ini dirinya selain bersama Kadis Kominfo M Rahanyamtel juga Tim Teknis dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang berencana memasang wifi gratis sehingga diharapkan setelah selesai dikerjakan nantinya, dalam berkomunikasi warga selain bisa melakukan panggilan telephone juga bisa video call dan mengakses internet.

"Nantinya dalam pengerjaannya teknisi selama tiga hari akan menetap disini untuk itu saya titipkan kepada warga agar bisa menjaga dan membantu selama proses pemasangan berlangsung," Tutup Tamnge.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar