Marrin News

Thaher Ungkap Harapan Besar Dibalik Rute Baru Sriwijaya Air untuk Maluku Tenggara

Penerbangan perdana Maskapai Sriwijaya Air di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Maluku Tenggara, Jumat (10/9/2021). sumber foto: Ghege

Penulis/Editor: Ghege Ngamel ||

“Persaingan yang terjadi akan berdampak pada penurunan harga tiket. Dengan begitu akan membuka lebar peluang pengembangan sektor-sektor potensial seperti sektor pariwisata yang sejak lama terhalang oleh tingginya harga tiket penerbangan” _Muhammad Thaher Hanubun, Bupati Maluku Tenggara. 

Langgur, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun menilai Maskapai Sriwijaya Air membuat pilihan tepat dengan membuka kembali rute baru penerbangan Langgur-Ambon.

Menurut Thaher, selama ini masyarakat disajikan dengan harga tiket yang melambung tinggi. Untuk itu, kehadiran maskapai Sriwijaya Air memungkinkan adanya persaingan dengan maskapai Wings Air.

“Hari ini maskapai penerbangan Sriwijaya Air kembali membuka rute baru Langgur-Ambon. Ini merupakan pilihan cerdas yang memungkinkan persaingan antar maskapai terjadi, sehingga hadir pilihan penerbangan diantara Wings Air dan Sriwijaya Air dengan harga terjangkau,” ujar Thaher dalam sambutan yang disampaikan Asisten II Bidang Pemerintahan dan Polhum Andreas M Savsavubun, pada acara peresmian penerbangan perdana Sriwijaya Air di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Jumat (10/9/2021).

Bupati Thaher mengklaim dampak dari persaingan pilihan penerbangan antara dua maskapai ini dapat juga memungkinkan terbukanya peluang pengembangan sektor-sektor potensial di Maluku Tenggara, sekaligus pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat.

“Persaingan yang terjadi akan berdampak pada penurunan harga tiket. Dengan begitu akan membuka lebar peluang pengembangan sektor-sektor potensial seperti sektor pariwisata yang sejak lama terhalang oleh tingginya harga tiket penerbangan,” kata Thaher.

“Dari sisi pengembangan sektor perikanan, juga memungkinkan pengiriman barang melalui kargo dapat terwujud,” imbuhnya.

Bupati menambahkan pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan pembangunan kargo bandara, sehingga dapat membuka ruang ekspar potensi perikanan di Maluku Tenggara.  

“Tahun depan, kita akan ekspansi pada pengembangan sektor rumput laut secara besar-besaran. Diharapkan maskapai penerbangan Sriwijaya Air dengan jenis pesawat berbadan lebar ini dapat mendorong sektor ini secara masif,” ungkap Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku itu.

Bukan Kali Pertama

Thaher mengungkapkan ini bukan kali pertama Maskapai Sriwijaya Air melakukan layanan penerbangan di Langgur Maluku Tenggara.

“Beberapa tahun lalu, Sriwijaya Air pernah melayani penumpang dengan rute Langgur-Makassar, namun terhenti karena berbagai kendala teknis lainnya,” kata dia.

Ia menambahkan, sejak beberapa tahun lalu run way atau landasan pacu pada bandar udara Karel Sadsuitubun Langgur telah memenuhi persyaratan untuk pendaratan pesawat berbadan lebar.

Dengan kondisi run way itu, lanjut kata Thaher bahwa ada harapan besar masyarakat untuk menikmati pilihan penerbangan dengan menggunakan pesawat boeing.

Lantas, harapan tersebut akhirnya dapat diwujudkan dengan kehadiran maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

“Ini merupakan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan maksimal dengan harga terjangkau dari maskapai penerbangan yang ada,” tutur Thaher. .     

Orang nomor satu di Bumi Larvul Ngabal ini berharap dunia aviasi atau perusahan bidang penerbangan semakin bergeliat di Kabupaten Maluku Tenggara.

Seiring itu, Bupati Thaher menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan jajaran Maskapai Sriwijaya Air, yang mana telah membuka rute penerbangan baru Langgur-Ambon dengan jenis pesawat berbadan lebar.

“Sekiranya penumpang maskapai penerbangan Sriwijaya Air di dua wilayah otonom, yakni Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual semakin tumbuh dan berkembang,” pungkas Thaher.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar