Marrin News

Pengembangan Wisata Kota Tual Berbasis Ekowisata Bahari

marrin news
Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun

Tual, Marrinnews.com.- Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda) Kota Tual sebagai pedoman dalam membangun pariwisata Kota Tual kedepan telah siap hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun di ruang kerjanya, Selasa (28/9/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan tahapan selanjutnya setelah Riparda yaitu di Perdakan dan saat ini pihaknya sudah menyiapkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan selanjutnya tinggal berproses di DPRD. 

Dia menargetkan, tahun ini, DPRD dan Pemkot Tual menetapkan Perda tentang Ripparda agar menjadi pedoman dalam pembangunan pariwisata kedepan.

“Kita sudah lengkapi semua dokumen, baik itu naskah akademik dan draft Ranperda tentang Ripparda, tinggal menunggu jadwal saja untuk pembahasan di DPRD,” imbuh Enggelina.

Dijelaskannya secara garis besar, Pemerintah Kota Tual membangun pariwisatanya berbasis ekowisata bahari atau pariwisata berbasis lingkungan bahari. Hal ini mengingat objek wisata terdapat dipesisir dan pulau kecil.

“Daya tarik kita kebanyakan ada di pesisir dan pulau-pulau kecil. Oleh karena itu kita fokus pada ekowisata bahari yang berkelanjutan atau lestari, berdaya saing, dan mensejahterakan,” jelasnya.

 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar