Marrin News

Menpan RB Beri Nilai B Akuntabilitas Kinerja Pemkab Malra

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun (kiri bawah). Foto: Istimewa. 

Penulis/Editor: Ghege Ngamel ||

"Sesuai progres penginputan pada website PMPRB dan e-SAKIP Reviu pada tanggal 9 September, dari 42 Perangkat Daerah, 34 diantaranya belum menginput PMPRB," _Muhammad Thaher Hanubun, Bupati Maluku Tenggara. 

Langgur, MARRINNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mendapatkan predikat “B” pada sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2020. Sedangkan untuk indeks Reformasi Birokrasi (RB), Pemkab Malra berada pada kategori “C”.

Capaian itu sesuai laporan hasil evaluasi (LHE) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) atas pelaksanaan RB dan AKIP Pemkab Malra Tahun 2020.

Hal ini disampaikan Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com di Langgur, Kamis (16/9/2021).

Thaher menyebut secara keseluruhan nilai hasil evaluasi Pemkab Malra mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, nilai yang didapatkan untuk indeks RB “O”. Sementara di 2020, nilainya naik sebesar 47,65 dengan kategori C.

Sedangkan untuk nilai AKIP, pada 2019 nilainya sebesar 58,68 dengan predikat “CC”. Kemudian pada 2020 naik menjadi 60,74 dengan predikat B.

Bupati mengaku meski terjadi peningkatan namun perkembangan pelaksanaan RB dan SAKIP tahun 2021 menunjukan bahwa Indeks RB Pemkab Malra masih jauh dari target yang diharapkan.

“Juga untuk nilai AKIP, meskipun telah mencapai target namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu untuk diperbaiki,” ungkap Thaher.

Thaher lanjut mengungkapkan, sesuai progres penginputan pada website PMPRB dan e-SAKIP Reviu pada tanggal 9 September, dari 42 Perangkat Daerah, 34 diantaranya belum menginput PMPRB.

“Delapan Perangkat Daerah belum menginput e-SAKIP Reviu dan 14 Perangkat Daerah belum memperbaiki atau melengkapi dokumen SAKIP-nya,” kata dia.

“Beberapa hal yang direkomendasikan oleh Kementerian PANRB dalam LHE RB dan AKIP, juga belum ditindaklanjuti secara optimal oleh Perangkat Daerah,” tambah Thaher.

Seiring kondisi RB dan akuntabilitas kinerja Pemkab Malra saat ini, Bupati Thaher mengingatkan bahwa peningkatan indeks RB dan nilai AKIP Pemkab Malra tahun 2021 sangat bergantung pada tindak lanjut dan penginputan oleh masing-masing Perangkat Daerah

Thaher lantas tegaskan beberapa poin penting bagi masing-masing Pimpinan Perangkat Daerah beserta jajarannya, sebagai berikut;

“Segera mempelajari atau mengkaji dan menindaklanjuti LHE RB”

“Mengisi Lembar Kerja Evaluasi (LKE) PMPRB manual dan menyampaikan ke Inspektorat Daerah paling lambat tanggal 24 September 2021”

“Mempelajari/mengkaji dan menyesuaikan kembali perumusan dokumen SAKIP dengan memperhatikan rekomendasi LHE AKIP”

“Melakukan penginputan dokumen SAKIP Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah ke e-SAKIP Reviu paling lambat tanggal 24 September 2021".

Bupati berharap Kabupaten Maluku Tenggara bisa mencapai Predikat B untuk Indeks RB dan Predikat BB untuk Nilai AKIP di tahun 2021 ini.

“Mari secara terstruktur kita berkinerja dalam pencapaian visi pemerintah daerah yakni Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Mandiri, Cerdas, Demokratis, dan Berkeadilan,” tandas Thaher.

Bupati Malra M Thaher Hanubun menyerahkan piagam penghargan AKIP terbaik tahun 2020 kepada dua OPD lingkup Pemkab Malra, di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoboen Langgur, Kamis (16/9/2021). Sumber foto: Bag Prokopim Malra. 

Dua OPD Terima Penghargaan SAKIP

Sebagai informasi, ada dua OPD lingkup Pemkab Malra mendapatkan penghargaan SAKIP terbaik tahun 2020 dari Pemerintah daerah setempat.

Dua OPD tersebut, yakni Bapelitbangda dan Dinas Perikanan Maluku Tenggara. Kedua OPD ini dinilai partisipatif dalam menjalankan akuntabilitas kinerja tahun 2020 dengan predikat nilai B.

Adapun trophy penghargaan telah diserahkan langsung oleh Bupati Thaher Hanubun dalam rapat evaluasi SAKIP dan PMPRB Pemkab Maluku Tenggara yang digelar di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar