Marrin News

Didukung Pemkot, Kelompok Petani Lodar-El Panen Bawang Merah 1 Hektare

Wali Kota Adam Rahayaan, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Yani Renuat dan Wakil Ketua DPRD, Ali Mardana menghadiri langsung kegiatan panen bawang merah Kelompok Tani Kelurahan Lodar-El, Kamis (02/09/2021) pagi. Foto: Bagian Prokopim Tual

Pewarta: Nick Renleuw

Wali Kota mengajak para petani dan warga untuk menanam dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada dalam rangka memperkuat ketahanan pangan lokal

Tual, Marrinnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual menegaskan dukungannya secara langsung bagi para kelompok tani dan upaya memperkuat isu ketahanan pangan lokal di wilayah pemerintahan berjuluk Bumi Maren itu.

Terbaru, Wali Kota Adam Rahayaan, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Yani Renuat dan Wakil Ketua DPRD, Ali Mardana menghadiri langsung kegiatan panen bawang merah Kelompok Tani Kelurahan Lodar-El, Kamis (02/09/2021) pagi.

Keterangan pers yang diterima media ini, Kamis (02/09/2021) malam, Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Kabag Prokopim Setda) Kota Tual, Muchsin Ohoiyuf, menyebutkan bahwa kebun bawang merah itu memiliki luas 1 hektare.

Lebih lanjut Ohoiyuf menjelaskan bahwa lokasi kebun dimaksud terletak di samping Perumahan Mahkota Mutiara Permai, Jalan Poros Tual-Ohoitel. Sementara Kelompok Tani Kelurahan Lodar-El, sambungnya, merupakan binaan Dinas Pertanian (Distan) Kota Tual.

“Wali Kota dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan panen dimaksud dan terus mengajak para petani dan warga untuk menanam dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada dalam rangka memperkuat ketahanan pangan lokal,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Pemkot Tual itu.

“Wali Kota juga menyerukan (kepada) Kepala OPD Teknis yang hadir pada saat itu untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam pelaksanaan program kegiatan pada dinas/badan yang dipimpinnya,” lanjutnya.

Marrin news
Salah satu lokasi kebun bawang merah kelompok tani binaan Distan Tual. Foto: Bagian Prokopim Tual

Sementara itu, Kepala Distan (Kadistan) Ir. Irene A. Ngabalin dalam laporannya, menurut keterangan Ohoiyuf, menjelaskan bahwa selain lokasi panen di Kelurahan Lodar-El, terdapat dua lokasi yang siap untuk panen bawang merah.

Kedua lokasi dimaksud terletak di Dumar dan Kampung Vanil. Ngabalin memperkirakan standar minimal hasil panen kelompok tani yang juga binaan Distan Tual itu sebanyak 18 ton bawang merah untuk setahun ini dengan harga jual per kilo di kisaran Rp25 ribu.

“Di akhir kegiatan panen, Wali Kota menyempatkan waktu berdialog dengan para petani dan menerima masukan saran terkait pengembangan usaha pertanian mereka,” terang Ohoiyuf.

Selanjutnya, Wali Kota berkesempatan meninjau beberapa lokasi yakni sekitar Danau Ablel dan Kampung Vanil terkait rencana penanaman tanaman holtikultura buah-buahan seperti semangka, anggur dan klengkeng,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar