Marrin News

Wali Kota Tual Buka Kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor

Marrin News
Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si saat membacakan sambutan sekaligus membuka kegiatan pembinaan bagi pelaku usaha ekspor 

Pewarta: Nick Renleuw

“Harapan kita dengan percepatan ekspor dapat memacu semangat semua pelaku usaha untuk berlomba-lomba melakukan ekspor dari Kota Tual.” – Adam Rahayaan (Wali Kota Tual)

Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si., membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar, Tual, Senin (16/08/2021).

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha ekspor tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai ekspor seperti kesiapan internal untuk ekspor, termasuk legalitas kegiatan usaha, kapasitas produksi, kualitas produk serta memenuhi persyaratan di pasar ekspor,” ungkap Ketua Panitia, Ramiyati Rengur, S.STP., dalam laporannya.

Adapun narasumber kegiatan dimaksud terdiri dari 6 orang yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tual, Kepala Dinas Perikanan Kota Tual, Kepala Kantor Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kota Tual, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kota Tual, dan Kepala PPN Tual.

Lebih lanjut Kepala Bidang menyebutkan, peserta kegiatan pembinaan berjumlah 40 orang yang terdiri dari pelaku usaha di bidang perikanan baik usaha perorangan maupun bentuk badan usaha serta industri kecil menengah.

Sementara Wali Kota Adam Rahayaan dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan percepatan ekspor perikanan yang merupakan penjabaran visi dan misi pemerintah daerah yang keempat serta program nawacita Presiden Joko Widodo.

“Harapan kita dengan percepatan ekspor dapat memacu semangat semua pelaku usaha untuk berlomba-lomba melakukan ekspor dari Kota Tual yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Tual dan dapat membangkitkan ekonomi Kota Tual yang pernah jaya 10 tahun yang lalu,” ungkap Rahayaan.

Lebih lanjut Wali Kota menegaskan bahwa kegiatan pembinaan yang digelar merupakan langkah awal percepatan ekspor. Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan ada peningkatan kapasitas SDM tentang segala hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai ekspor.

Menurut Wali Kota, Pemkot Tual telah membentuk Tim Percepatan Ekspor. Dengan dukungan kementerian terkait bersama jajaran di tingkat provinsi dan kota, Tim Percepatan Ekspor Tual akan mengawal setiap tahapan percepatan ekspor sesuai tugas dan kewenangannya.

Hadir dalam kegiatan dimaksud antara lain Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, Ketua DPRD Kota Tual Hasan S. Borut, Kepala PPN Tual Silvinus M. C. Jaftoran, Kadis Perindag Tual Darnawati Amir, Direktur PDAM Maren Maria O Far-Far, ST dan sejumlah OPD terkait.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar