Marrin News

Upacara HUT ke-76 RI, Wali Kota Tual Ajak Maknai Perjuangan di Masa Pandemi

Paskibraka Kota Tual sukses mempersiapkan pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-76 RI di pelataran Balai Kota Tual, Selasa (17/08/2021). Tampak Wali Kota Adam Rahayaan dan Wakil Wali Kota Usman Tamnge sedang bersiap memberi penghormatan dari podium Balai Kota Tual. Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw

“Kondisi pandemi covid-19 rasanya cukup menyandera kehidupan kita namun momentum 17 Agustus ini kiranya dapat dimaknai arti dari perjuangan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa ini.” – Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si (Wali Kota Tual)

Tual, Marrinnews.com – Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tual di Pelataran Aula Balai Kota Tual, Selasa (17/08/2021) berlangsung khidmat.

Upacara diawali dengan persiapan barisan para peserta upacara yang terdiri dari pasukan gabungan Yonif 734 SNS, Kodim 1503 Tual, Lanal Tual, Lanud D. Dumatubun, Batalion C. Pelopor Brimob Polda Maluku, Polres Tual dan Satpol PP Kota Tual.

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara Komandan Unit Intelijen Pangkalan TNI AL (Lanal) Tual, Lettu Laut (E) Diki Erlan Pranata bertindak sebagai Komandan Upacara.

Usai penyampaian laporan kesiapan dari Komandan kepada Inspektur, seluruh peserta upacara dipersilahkan berdiri untuk bersama-sama mengenangkan Detik-Detik Proklamasi. Momen sentral ini ditandai dengan bunyi sirene selama beberapa saat.

Setelah pengenangan detik-detik proklamasi, Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifudin Borut tampil dan membacakan naskah proklamasi. Selanjutnya, pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) bersiap mengibarkan bendera Merah Putih.

Paskibraka yang bertugas terdiri dari 3 orang. Mereka adalah Rosmalia Basri sebagai pembawa bendera didampingi Abd. Lurah Banyal dan Lamusa Banyal. Mereka sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Para peserta memberi penghormatan diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya mengajak setiap peserta upacara untuk memaknai peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Indonesia yang masih berlangsung dalam suasana Covid-19.

“Kondisi pandemi covid-19 rasanya cukup menyandera kehidupan kita baik sebagai aparatur pemerintah, buruh, pedagang, nelayan, petani maupun yang lainnya. Namun momentum 17 Agustus ini kiranya dapat dimaknai arti dari perjuangan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa ini,” ajaknya.

Upacara kali ini juga dimeriahkan oleh kelompok paduan suara Aubade yang berasal dari siswa-siswi SMA Kristen Tual dengan konduktor Ibu Engel Joi Masel, S.Pd dan pengiring musik Alvin Kilmanun, S.Pd. Sn.

Penanggung jawab upacara dipercayakan kepada Lanal Tual sedangkan penyelenggara dipercayakan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tual. Upacara turut dihadiri Wakil Wali Kota Usman Tamnge, Sekda Ahmad Yani Renuat, para pimpinan OPD dan Forkopimda.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar