Marrin News

Tingkatkan Mutu Pelayanan, PDAM Tual Gelar Pelatihan Sistem Informasi Geografis

Marrin News
Tampak pemateri Pakar  Geographic Information System (GIS)  Abdul Gani Renuat saat memberikan materi dibalai PDAM Tual

Pewarta: Nick Renleuw

Dengan pemetaan informasi geografis yang sistematis, PDAM sudah mengetahui lokasi pelanggan sehingga keluhan dari pelanggan bisa ditangani secara cepat.

Tual, Marrinnews.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tual terus berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan air bersih kepada para pelanggannya. Terbaru, PDAM Tual menggelar pelatihan Geographic Information System (GIS) yang diikuti sejumlah stafnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/08/2021), Direktur PDAM Tual, Maria Far-Far, ST menjelaskan bahwa GIS akan semakin mendukung kinerja para staf perusahaan dan yang paling penting akan berdampak signifikan bagi kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Direktur PDAM Maren Tual Maria O Far-Far, ST

Adapun para staf PDAM Tual yang mengikuti pelatihan GIS adalah mereka yang tergabung dalam Bagian Teknik Perencanaan, Bagian Hubungan Pelanggan dan Bagian Teknik Informatika (IT).

“Melalui GIS, PDAM (Tual) sudah punya data terpusat tentang pelanggan, memungkinkan staf PDAM juga untuk mencari data itu dengan mudah, seperti lokasi pipa, diatemeter spesifikasi pipa, terbangun tahun berapa, aset itu sudah tercatat dalam mapping atau data base,” ungkap Far-Far.

“Dengan sendirinya juga sudah tahu titik-titik pelanggan sehingga mempermudah kerja PDAM nantinya. Mereka (peserta yang dilatih) semua siap mereka sudah membentuk mappingnya, mapping (pemetaan) jaringan, mapping pelanggan, itu semua sudah tersistem,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan pemetaan informasi geografis yang sistematis, PDAM sudah mengetahui lokasi pelanggan sehingga keluhan dari pelanggan bisa ditangani secara cepat. Hal itu dimungkinkan karena lokasi kerusakan atau titik kerusakan infrastruktur air yang dikeluhkan bisa ditemukan dengan mudah.

Selain itu, keberadaan GIS juga akan mempermudah para pelanggan baru yang hendak mendaftar. Dalam pemetaan GIS, lanjutnya, pelanggan sudah terpetakan dalam sistem berdasarkan nama dan alamat sesuai yang didaftarkan

“Lebih memperpendek jarak, jadi tidak harus juga pelanggan harus ke kantor tetapi dengan smartphone yang ada di pelanggan juga pelanggan bisa langsung berkomunikasi (untuk menyampaikan keluhan) dengan PDAM,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar