Marrin News

Temui Wali Kota, Deputi Kemenko Marves: Kota Tual Siap Lakukan Ekspor!

Marrin News
Suasana pertemuan Tim Kemenko Marves dan Pemkot Tual membahas kesiapan ekspor ikan dari Kota Tual di Balai Kota, Senin (23/08/2021). Foto: Arif L

Pewarta: Nick Renleuw

“(Tanggal) 26 (Agustus) tetap jadi (ekspor perdana), kita start dari Biak, tidak berubah itu. Biak dulu abis itu Tual kita harapkan September nanti ekspor perdananya,” – Safri Burhanuddin (Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves)

Tual, Marrinnews.com – Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Safri Burhanuddin bersama tim kunjungi Balai Kota Tual, Senin (23/08/2021). Tim Kemenko Marves diterima langsung oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan, Wali Kota didampingi Sekda Ahmad Yani Renuat serta Tim Percepatan Ekspor Pemerintah Kota (Pemkot) Tual. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas percepatan ekspor ikan dari Pelabuhan Tual.

"Tujuan utama kami adalah mengecek kesiapan Tual sebagai salah satu pelabuhan ekspor langsung hasil perikanan, hasil sumber daya ikan yang ada di sini," ungkap Deputi Safri kepada awak media usai pertemuan.

Marrin News
Foto bersama Deputi Safri Burhanuddin (baju putih tengah), tim Kemenko Marves bersama Wali Kota Adam Rahayaan dan Tim Percepatan Ekspor Kota Tual di depan Balai Kota, Senin (23/08/2021). Foto: Nick Renleuw

Dari laporan Pemerintah Kota (Pemkot) dan usai hadir langsung, Deputi menjelaskan bahwa Tual sudah punya kesiapan untuk melakukan ekspor. Kesiapan itu mencakup pelabuhan secara fisik maupun sistem penunjang. Ia menyebut sejumlah aspek seperti perhubungan laut, bea cukai, maupun aspek pengawasan.

Lebih lanjut Safri menjelaskan, saat ini pihaknya sementara memproses perizinan armada kapal yang akan terlibat langsung dalam aktivitas ekspor ini. Ia mengaku sedang melengkapi dokumen yang ada. Menurutnya, proses ini berlangsung cukup panjang mengingat ada penyesuaian dengan regulasi yang baru.

“(Tanggal) 26 (Agustus) tetap jadi (ekspor perdana), kita start dari Biak, tidak berubah itu. Biak dulu abis itu Tual kita harapkan September nanti ekspor perdananya. Kami harapkan Pak Menko dan Menteri KP bisa ke sini untuk peresmian (ekspor) di Tual, tapi tergantung pandemi ya mempengaruhi,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Wali Kota Tual Adam Rahayaan kembali menegaskan kesiapan Kota Tual untuk melakukan aktivitas ekspor. Senada dengan Deputi, Wali Kota menyebutkan sejumlah aspek yang menjadi pendukung.

“Kita sudah siap salah satunya karena beberapa instansi vertikal di Kota Tual ini sudah lengkap. Pelabuhan ada berapa di sini, instansi vertikal seperti PPN Dumar sudah, Bakamla sudah, Bea Cukai sudah, Imigrasi sudah, semua su ada di sini,” terangnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar