Marrin News

Resmikan Pusat Pelayanan Terpadu, Pattiwael Minta Polres Tual Tingkatkan Kinerja

Kapolres Tual AKBP Alfaris Patiwael, S.IK, MH didampingi Ketua Bhayangkari Resmikan Pusat Pelayanan Terpadu Polres Tual

Pewarta: Nick Renleuw

Pelayanan publik yang maksimal bukan hanya berdampak pada kepuasan masyarakat tetapi memiliki output (efek jangka pendek) dan outcome (efek jangka panjang) langsung bagi warga Polres Tual.

Tual, Marrinnews.com – Kapolres Tual, AKBP Alfaris Pattiwael, S.I.K, M.H., meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu Polres Tual, Senin (02/08/2021). Pusat Pelayanan Terpadu dimaksud telah dibangun dan direnovasi dalam 2 bulan terakhir.

Dalam sambutannya, Kapolres Pattiwael mengapresiasi seluruh pihak yang membantu proses pembangunan dan renovasi, terutama bagi personil Polres Tual, instansi terkait dan rekan-rekan insan pers yang selalu mengupdate proses pembenahan tampilan kesatuan Polres Tual.

Menurut Kapolres, perbaikan tampilan Pusat Pelayanan Terpadu adalah bentuk perwujudan atensi Kapolri untuk menumbuhkembangkan semangat pelayanan prima kepada masyarakat dengan membudayakan pelayanan anti korupsi di sentra-sentra pelayanan kepolisian.

Hal itu, lanjutnya, diwujudnyatakan melalui pelayanan mulai dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), kemudian pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan-pelayanan perijinan termasuk pelayanan SIM di Polres Tual.

Target Zona Integritas 2021

“Mudah-mudahan pelayanan prima ini melalui sentra pelayanan terpadu ini bisa menjadi suatu moda pelayanan yang mendukung upaya Polres Tual dalam menggapai zona integritas di tahun 2021,” harapnya.

Pattiwael membeberkan bahwa saat ini Polres Tual menjadi salah satu dari 5 satuan kerja (satker) yang diusulkan Polda Maluku pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) untuk menjadi Zona Integritas.

Kelima satker dimaksud, lanjutnya, adalah Direktorat Lalu Lintas Polda, Polres Ambon, Polres Buru, Polres Malteng dan Polres Tual. Ia menuturkan, ketiga nama yang disebutkan pertama sudah diusulkan untuk ketiga kalinya. Sementara Polres Malteng sudah ikut untuk kedua kali tapi baru kali ini diusulkan Polda.

“Polres Tual baru pertama kali (diusulkan ke Polda) tapi kita punya nilai mengalahkan satker-satker yang sudah ikut 3 kali dan Bapak Kapolda memberikan apresiasi dan beliau sangat mengharapkan, beliau tidak lihat yang lain, beliau sangat yakin Polres ini akan dapat!” ujarnya optimis yang disambut tepuk tangan hadirin.

Terbaik Menurut Ombudsman Maluku

Kapolres Tual menjelaskan, alasan lain Polda Maluku ikut mencalonkan Polres Tual dalam Zona Integritas KemenPANRB tahun 2021 adalah karena adanya penilaian yang baik dari lembaga Ombudsman perwakilan Maluku.

Sebagaimana diketahui, Ombudsman adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan.

“Ombudsman (perwakilan wilayah Maluku) menilai satuan-satuan kerja yang ikut zona integritas di tahun 2021 ini yang paling baik adalah Kota Ambon dan Polres Tual,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pattiwael meminta segenap jajaran Polres Tual untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan terutama jelang kehadiran tim KemenPANRB yang akan mulai melakukan penilaian Zona Integritas pada bulan Agustus hingga Desember nanti.

“Saya minta ini dijaga bahkan ditingkatkan jangan sampai di sini saja. Harus bisa ditingkatkan lagi diperbaiki lagi sarana prasarana penunjangnya sehingga bisa lebih baik,” harapnya.

“Jangan sampai saya pindah baru Polres ini tidak dapat, sayang sekali. Gara-gara mungkin saya pindah trus kualitas pelayanan berubah,” cemasnya.

Output dan Outcame Zona Integritas

Lebih lanjut Pattiwael menjelaskan, kinerja pelayanan publik yang maksimal bukan hanya berdampak pada kepuasan masyarakat tetapi memiliki output (efek jangka pendek) dan outcome (efek jangka panjang) langsung bagi warga Polres Tual.

Outputnya ini kita mendapatkan zona integritas, tetapi ada outcamenya. Outcamenya itu adalah warga Polres ini, pegawai pada Polri baik anggota Polri maupun PNS akan mendapatkan remunerasi yang lebih baik, naik 1 sampai dengan 2 level di atasnya. Kemudian tunjangan-tunjangan operasional  itu semua semakin naik,” ujarnya bersemangat.

Oleh karena itu, Kapolres Pattiwael meminta seluruh warga Polres Tual untuk bersemangat mewujudkan cita-cita pelayanan publik yang baik. Tidak lupa ia berterima kasih untuk segala hal yang sudah diupayakan bersama sejauh ini.

“Mudah-mudahan ini semua akan langgeng terus menjadi suatu ikon yang luar biasa pelayanan di Polres ini dan semakin hari Polres Tual semakin maju,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar