Marrin News

Pemda Malra Akan Rekrut Kembali Nakes Honorer yang Dirumahkan

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun. Sumber foto: RL

Reporter: Ghege Ngamel ||

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun mengatakan pemerintah daerah akan kembali merekrut tenaga kesehatan honorer yang beberapa waktu lalu dibebastugaskan. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di masa pandemi wabah COVID-19.

“Untuk tenaga kesehatan yang kemarin dirumahkan, akan dipanggil kembali untuk membantu pelayanan penanganan wabah Covid-19,” ungkap Thaher Hanubun di Langgur, baru-baru ini.

Menurut Thaher, para nakes honorer tersebut akan bertugas selama kurang lebih tiga bulan. Mereka (nakes honorer, red) nantinya ditempatkan pada puskesmas dan rumah sakit yang tersebar di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

“Mereka akan bertugas selama tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Juli hingga September 2021,” jelas Bupati.

Ia mengklaim, masa tugas tenaga kesehatan ini dapat diperpanjang. Hal ini kata dia, dimungkinkan apabila tingkat penyebaran Covid-19 di Maluku Tenggara tak menunjukan perubahan.

“Misalkan kondisi masih terus seperti ini, masa tugas mereka akan diperpanjang lagi. Namun untuk sementara hanya tiga bulan saja,” beber Hanubun.

Terkait upah nakes honorer, Bupati mengungkapkan bahwa akan disesuaikan dengan APBD.

“Soal upah akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya Pemerintah daerah, dalam hal ini dinas kesehatan,” kata Thaher.

Seiring kebijakan itu, Dinas Kesehatan Malra sementara ini tengah mendata kembali para tenaga kesehatan honorer tersebut.

“Kita sementara masih mendata jumlah tenaga kesehatan honorer sebagaimana kebijakan Pa Bupati,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Malra dr Katrinje Notanubun kepada wartawan.

Menurut Notanubun, nakes yang akan dikembalikan hanyalah yang berlatar belakang pendidikan kesehatan saja

“Tenaga-tenaga kesehatan kita yang kemarin dirumahkan, akan ditarik kembali. Tetapi bukan yang tamatan SMA, khusus hanya bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan kesehatan,” kata dia.

Notanubun menjelaskan, saat ini angka kasus Covid-19 di Maluku Tenggara mengalami peningkatan signifikan. Untuk itu, para nakes tersebut akan ditugaskan kembali untuk membantu pelayanan di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit.

“Sehari-harinya mereka (nakes honorer) bertugas membantu pelayanan pada puskesmas dan apabila jika ada kasus di ohoi-ohoi yang perlu dipantau, mereka ini yang akan bertugas memantau,” ujar Dokter Ketty.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar