Marrin News

Maluku Tenggara Terima Tambahan 320 Vial Vaksin CoVid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun saat diwawancarai wartawan, beberapa waktu lalu. Sumber foto: Ghege

Reporter: Ghege Ngamel ||

"Pemerintah daerah akan senantiasa berupaya mengamankan kebutuhan vaksin bagi masyarakat Maluku Tenggara"

MARRINNEWS.com – Kabupaten Maluku Tenggara kedatangan tambahan vaksin Sinovac dan Moderna sebanyak 320 vial. Dua jenis vaksin tersebut tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Selasa (10/8/2021) siang.

Vaksin tersebut juga telah dihantar dari bandara dengan pengamanan ketat aparat Kepolisian dan disimpan pada ruang instalasi farmasi Kabupaten Maluku Tenggara.

Demikian keterangan pers Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun kepada Marrinnews.com via WhatsApp.

Notanubun merinci pasokan tambahan vaksin yang  diterima, yakni vaksin Sinovac sebanyak 250 vial. Serta vaksin Moderna sejumlah 70 vial.

Ia mengungkapkan kedatangan 320 vial vaksin tersebut merupakan tindak lanjut dari permintaan Dinas Kesehatan Maluku Tenggara kepada Pemerintah Provinsi Maluku, beberapa waktu lalu.

Hal itu dikarenakan ketersediaan stock vaksin di negeri berjuluk Larwul Ngabal menipis. Sementara tingkat kebutuhan masyarakat untuk memperoleh suntikan vaksin meningkat.

“Jadi sebelumnya kita meminta tambahan vaksin kepada Pemprov Maluku karena stock yang tersedia telah habis. Puji Tuhan berkat bantuan Pa Bupati, Pa Gubernur langsung menindaklanjutinya dan hari ini vaksin tersebut telah kami terima,” jelas Dokter Ketty, sapaan akrab Kadis Kesehatan Malra.

Berdasarkan data yang dihimpun, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara per 6 Agustus 2021, tercatat jumlah kumulatit sasaran vaksinasi sebanyak 93.569 jiwa.

Dari jumlah tersebut, yang telah menerima vaksinasi tahap pertama sebanyak 13.068 orang atau 13.97 persen. Sementara pada tahap kedua sejumlah 6.745 atau 7.21 persen.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Malra itu menambahkan, kedatangan dua jenis vaksin ini juga bertujuan untuk mendukung percepatan dan perluasan program vaksinasi.

Untuk itu, pasokan tambahan vaksin diharapkan dapat memenuhi kebutuhan vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara.

Notanubun memastikan pemerintah daerah akan senantiasa berupaya mengamankan kebutuhan vaksin bagi masyarakat Maluku Tenggara.

“Dengan upaya pencegahan melalui vaksinasi, akan membantu menurunkan laju penularan dengan cepat dan mengendalikan pandemi jauh lebih baik. Yang belum divaksin maupun yang sudah divaksin untuk selalu taat menjalankan protokol kesehatan (prokes),” ucap Dokter Ketty.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar