Marrin News

Kilas Upacara Peringatan HUT RI ke 76 oleh Pemkab Maluku Tenggara

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun menyerahkan bendera Merah Putih kepada pembawa bendera pada upacara pengibaran bendera peringatan HUT RI ke 76 di lapangan upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, Selasa (17/8/2021). Sumber foto: Bag. Prokopim Malra. 

Penulis/Editor: Ghege Ngamel

Malra, MARRINNEWS.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara di lapangan upacara Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur telah selesai digelar pada Selasa (17/8/2021).

Berbeda dari tahun lalu, yang mana upacara digelar secara terbatas, namun tahun ini dilaksanakan terbuka meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Walau begitu, pelaksanaan upacara tersebut tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Para tamu undangan yang hadir secara fisik di tempat upacara diwajibkan mengenakan masker dan menaati prokes lainnya yang diberlakukan selama upacara berlangsung.

Upacara pengibaran bendera dimulai pukul 09.00 WIT dan dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun.

Bupati Thaher memimpin upacara dengan mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU), seragam putih. Tampak pula Wakil Bupati Petrus Beruatwarin yang hadir, mengenakan pakaian yang sama.

Turut hadir juga, Sekertaris Daerah Malra Ahmad Yani Rahawarin, Pimpinan DPRD Malra dan unsur TNI-Polri, serta jajaran Pemerintah Daerah Malra.

Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin tampak menerima kembali bendera Merah Putih dari pembawa bendera, usai momentum penurunan bendera. Sumber foto: Bag. Prokopim Malra. 

Sementara itu, untuk upacara penurunan bendera pada sore hari, dipimpin oleh Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin. Ia didampingi Bupati M Thaher Hanubun.

Dari rangkaian acara upacara kemerdekaan yang diselenggarakan di lapangan upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, Marrinnews.com merangkum sejumlah peristiwa.

Detik-Detik pengibaran bendera oleh Paskibra. Sumber foto: Bag. Prokopim Malra. 

Bendera Dikibarkan oleh Paskibra dengan Formasi Lengkap

Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI ke 76 di Bumi Larwul Ngabal telah dilaksanakan di Kantor Bupati Maluku Tenggara.

Bendera dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dengan formasi lengkap 17-8-45. Untuk pasukan 17 dan 8, terdiri dari 34 orang perwakilan sejumlah lembaga pendidikan menengah atas se-Kabupaten Maluku Tenggara. Sedangkan untuk Pasukan 45 yang beranggotakan 45 orang merupakan perwakilan dari Satuan TNI-Polri di daerah itu.

Pengibaran Sang Merah Putih diiringi dengan instrumen lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh grup drum band asal SMA Seminari Santo Yudas Thadeus Langgur.

Pembawa bendera pada upacara peringatan HUT RI ke 76 di lapangan upacara Kantor Bupati Malra Gabriella Maria F Ikanubun. Sumber foto: Bag. Prokopim Malra. 

Adapun yang terpilih sebagai pembawa bendera, yaitu Gabriella Maria F Ikanubun, perwakilan dari SMA Sanata Karya Langgur.

Sementara, tiga anggota dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah, M. Bagus Hernawan sebagai pembentang bendera yang mewakili SMA Negeri 2 Maluku Tenggara.

Kemudian, Imanuel Ryan Artha Ohoira sebagai pengibar tengah yang berasal dari SMA Sanata Karya Langgur dan Robertus Ohoirat sebagai penggerek bendera yang mewikili SMK Siwalima Langgur.

Naskah Proklamasi Dibacakan Ketua DPRD

Dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan kali ini, Ketua DPRD Maluku Tenggara Minduchri Koedoeboen dipercayakan membacakan naskah Proklamasi.

Naskah yang pertama kali dibacakan Presiden Soekarno ini dikumandangkan kembali di hari kemerdekaan tahun ini dengan begitu lantang dan tegas oleh Minduchri.

Pria berdarah Ohoiwait, semenanjung Utara Timur Kei Besar itu tampil membacakan naskah proklamasi dengan mengenakan setelan jas hitam, berbalut dasi bercorak biru hitam. Tak luput, songko hitam sebagai penutup kepala sang politisi muda PKB itu.

Peserta Upacara Sebanyak 8 Regu

Upacara di Kantor Bupati Maluku Tenggara mengikutsertakan delapan regu. Masing-masing perwakilan, terdiri dari Satuan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Satuan Brimob, Satuan Kepolisian Resort Tual, Korpri, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Setiap regu yang mengikuti upacara, mengenakan seragam kedinasan dan kesatuan masing-masing.

Penyerahan Piagam Penghargaan

Pada momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI kali ini, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kembali memberikan reward kepada kelompok masyarakat.

Tahun ini, penghargaan berupa KB Lestari 10 tahun berturut-turut diberikan kepada pasangan suami-istri Letkol. Inf. Mario C. Noya dan Christina Adriana P. Dewi.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Bupati Malra M Thaher Hanubun.

Ada juga piagam penghargaan atas kepatuhan, loyalitas, kerja, dan kinerja yang memuaskan selama bertugas pada panitia tender (Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa) Pemkab Malra selama 30 tahun.

Penghargaan itu diberikan kepada Dikir Yaurwarin. Adapun Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin yang menyerahkan piagam tersebut.

Ikut Upacara Detik-Detik Proklamasi secara Virtual

Setelah pelaksanaan upacara peringatan hari Kemerdekaan di lapangan upacara, Bupati Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin bersama pimpinan Forkompimda kembali mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi yang dilangsungkan di Istana Negara secara virtual.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar