Marrin News

Kadis Kesehatan : Penanganan Gizi Buruk Butuh Peran Serta Orang Tua, Keluarga dan Lingkungan

marrin news
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, drg.Maxie.M.B.Tinggogoy

Tual, Marrinnews.com.– Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, drg.Maxie.M.B.Tinggogoy mengakatakan selain vaksinasi juga saat ini pihaknya tengah melakukan program pemantauan kesehatan terhadap kasus gizi buruk yang sempat mencuat pada tahun 2020 yang lalu.

"Tahun lalu terdapat 4 kasus gizi buruk yang tersebar di Kecamatan Dullah Selatan dan Dullah Utara sehingga saat ini kami sementara melakukan peningkatan kualitas gizi untuk menuju sehat,"Tegasnya.

Dijelaskannya selain melaksanakan vaksinasi dimasa pandemik, Penanganan gizi buruk ini menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan Kota Tual. 

"Saat ini kami sedang fokus menangani perbaikan kualitas gizi pasien yang tentunya membutuhkan waktu karena ada 4 faktor utama yang sangat mempengaruhi yaitu aspek produksi pangan, distribusi pangan, akses masyarakat terhadap pangan yang bergizi dan aspek konsumsi. ini yang sementara kami tangani.” Beber Tinggogoy saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut kata Tinggogoy masalah gizi bukan ansi tanggung jawab Dinas kesehatan, tetapi peran serta orang tua selaku keluarga dan lingkungan terkecil pun turut membantu.

“Untuk menuntaskan masalah gizi buruk, tidak wajib menjadi tanggung jawab utama kami. Edukasi terkait gizi buruk dan kesehatan wajib diketahui setiap orang tua, terutama untuk kesehatan anak. Kami akan membantu dan memberikan pelayanan maksimal, agar kedepan tidak lagi ada pasien gizi buruk.” Ungkap dia.

Ia menjelaskan, sesuai data terbaru, tercatat 5 pasien gizi buruk saat ini. 4 diantaranya menjalani perawatan perbaikan gizi sedangkan 1 pasien meninggal dunia, karena selain gizi buruk, pasien memiliki penyakit penyerta.

Tinggogoy berharap, ditengah masa pandemik saat ini, kesehatan haruslah menjadi poin penting yang diperhatikan masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tapi demi kepentingan bersama.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar