Marrin News

Hendrikus Renurth Jabat Camat Kei Besar

Camat Kei Besar yang baru dilantik, Hendrikus Amfarel Renurth. Sumber foto: Bag. Prokopim Maluku Tenggara. 

Reporter: Ghege Ngamel ||

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Hendrikus Amfarel Renurth kini memegang jabatan pimpinan kecamatan tertua di wilayah Pulau Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara. Jabatan tersebut diembani usai Renurth dilantik dan diambil sumpah sebagai Camat Kei Besar oleh Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, pada Senin (02/8/2021) malam di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Amfarel Renurth diangkat berdasarkan SK Bupati Maluku Tenggara Nomor 821.23/SK/07/2021 tertanggal 30 Juli 2021. Ia menggantikan Camat Kei Besar sebelumnya, Kadarusman Koedoeboen.

Diketahui, sebelumnya Hendrikus menjabat sebagai Kepala bidang penanganan konflik pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Maluku Tenggara.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Camat Kei Besar Hendrikus A Renurth oleh Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur, Senin (2/7/2021). Sumber foto: Ghege. 

Dalam arahannya, Bupati Thaher Hanubun mengatakan, Kecamatan Kei Besar merupakan kecamatan tertua di Kabupaten Maluku Tenggara. Wilayah ini menjadi bagian dari sejarah terbentuknya Provinsi Maluku, lebih khusus pembentukan Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam perkembangannya, Bupati menilai kecamatan Kei Besar belum berkembang sebagaimana mestinya.

Selain itu, tambah dia bahwa sebagian persoalan kemasyarakatan di tingkat ohoi belum dapat teratasi. Salah satunya terkait keberadaan kepala ohoi definitif.

Untuk itu, Bupati mengemukakan keberadaan Camat yang mampu dan peka dalam mengantisipasi dan menyelesaikan semua permasalahan di tingkat kecamatan sangat dibutuhkan.

“Saya menaruh harapan besar untuk Camat yang baru dilantik dapat meneruskan tanggung jawab dalam mengembangkan wilayah kecamatan ini. Bukan berarti Camat sebelumnya tak berprestasi tetapi diharapakan dengan hadirnya Camat yang baru ini dapat membawa perubahan bagi Elat (Ibukota Kecamatan Kei Besar, red) dan sekitarnya,” tutur Bupati.

Bupati menegaskan, menjadi Camat bukan hanya dalam konteks kepala perangkat daerah semata. Namun, harus memiliki peran sentral dalam mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, membina penyelenggaraan pemerintahan ohoi serta menyelenggarakan pelayanan publik.

“Saya yakin dan percaya bahwa Hendrikus Renurth dengan segudang pengetahuan dan pengalaman selama bertugas di badan kesatuan bangsa dan politik dapat menjadi modal baginya untuk memimpin Kecamatan Kei Besar,” ujar Thaher.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar