Marrin News

Dipromosikan ke Polda Banten, Kapolres Pattiwael Komitmen Tuntaskan Visi Pembenahan

Marrin News
Penandatanganan prasasti peresmian Pusat Pelayanan Terpadu oleh Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael S.I.K., MH 

Pewarta: Nick Renleuw

Ia menyampaikan optimismenya untuk keberhasilan yang akan dicapai nanti (zona integritas 2021) berdasarkan proses yang sudah ditempuh selama kurang lebih 1 tahun 5 bulan terakhir.

Tual, Marrinnews.com – Jelang kepindahannya ke tempat tugas baru, Kapolres Tual, AKBP Alfaris Pattiwael, S.I.K, M.H., tampak mengebut penyelesaian pembangunan sejumlah infrastruktur prasarana Polres Tual, Senin (02/08/2021).

Berturut-turut sejak pagi hingga siang, Kapolres Pattiwael meletakkan batu pertama renovasi Klinik Presisi Polres Tual, meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu, dan terakhir meresmikan penggunaan Pos Rayon SS yang berlokasi di Un Wartel.

Ketika diwawancarai Marrinnews.com, Pattiwael mengaku bahwa berbagai kegiatan yang dilakukannya itu merupakan bagian dari penuntasan perwujudan visi program kerjanya selama kurang lebih 1 tahun 5 bulan menjabat sebagai Kapolres Tual.

Ia menjelaskan, ketika mulai menjabat sebagai Kapolres Tual ia memiliki 8 program kerja. Program kerjanya yang pertama adalah pembenahan tampilan kesatuan. Lebih lanjut ia merinci pembenahan tampilan kesatuan terdiri dari 4 hal yaitu pembenahan kesatuan maskas komando, pembenahan personil atau perorangan, pembenahan administrasi dan pembenahan operasional.

“Ini program nomor 1. Makanya kalau saya bikin pembenahan tampilan kesatuan, lihat Polres berubah dari tahun lalu dibandingkan sekarang itu sebagian daripada program saya nomor 1 itu. Dari pembenahan tampilan kesatuan ini kita memperbaiki layanan publik,” jelasnya.

Marrin News
Tampak Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael S.I.K., MH bersama Ketua Bhayangkari foto bersama usai Penandatanganan prasasti peresmian Pusat Pos Rayon SS Polres Tual 

Harapan Gapai Zona Integritas 2021

Dengan berbagai pembenahan demi perbaikan layanan publik, Pattiwael berharap Polres Tual menggapai zona integritas sesuai arahan dan harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

“Jadi Pak Jokowi, Presiden, punya program yang mana beliau menghendaki semua satuan kerja pemerintahan itu menggapai zona integritas,” bebernya.

Lebih lanjut ia menerangkan, zona integritas terdiri atas dua tingkatan. Yang pertama adalah mencapai wilayah bebas korupsi. Selanjutnya adalah tingkatan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Nah sekarang Polres Tual ini kita ikut ya. Dari Polda Maluku itu ada 5 yang ikut, Direktorat Lalu Lintas, Polres Ambon, Polres Buru ini sudah 3 kali ikut. Polres Maluku Tengah ikut sudah kedua kali. Polres Tual baru pertama kali,” paparnya.

“Cuma kita Polres Tual pertama kali ikut tapi nilai yang paling bagus dan kita yang langsung masuk dan sudah diusulkan ke Kementerian PANRB untuk masuk penilaian mulai Agustus sampai Desember,” terangnya bersemangat.

Marrin Mews
Tampak Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael S.I.K., MH bersama Ketua Bhayangkari, Wakapolres Tual dan staf foto bersama usai peletakan batu pertama pembangunan klinik

Optimis Karena Proses

Atas upaya yang sementara ditempuh Polres Tual guna masuk zona integritas 2021, Kapolres Pattiwael mengharapkan doa restu dari seluruh masyarakat Kota Tual. Ia juga menyampaikan optimismenya untuk keberhasilan yang akan dicapai nanti berdasarkan proses yang sudah ditempuh selama kurang lebih 1 tahun 5 bulan terakhir.

“Saya sangat optimis ya, selama kepemimpinan saya selama 1 tahun 5 bulan karena saya bangun ini zona integritas dari tahun kemarin bangun tahun kemarin tahun 2020 baru dinilai tahun ini. Itu memang aturan, tidak bisa langsung dinilai. Harus dibangun dulu selama 1 tahun baru dinilai,” ujarnya berapi-api.

“Saya optimis karena saya memimpin Polres ini saya optimis Polres Tual dapat. Bahkan kemarin dari Ombudsman Ambon menilai untuk pelayanan publik yang paling bagus adalah Kota Ambon dan Polres Tual, seluruh Maluku,” tambahnya.

Kapolres menjelaskan, upaya mewujudkan visi pembenahan Polres Tual bukan saja didukung dengan pembenahan tampilan kesatuan seperti tampilan prasarana yang memadai atau ruang pelayanan yang bagus.

Pembenahan itu, lanjutnya, juga diwujudkan lewat peningkatan perangkat-perangkat layanan IT yang memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan seperti perangkat aplikasi yang sudah dimiliki Polres Tual.

“Tadi juga kita meletakkan batu pertama renovasi klinik presisi itu juga untuk memberikan kemaslahatan, pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat, bagi warga Polres Tual personil dengan anggota bersama keluarganya tetapi juga buat masyarakat. Jadi klinik polres Tual itu terbuka untuk umum,” pungkasnya.

Sebagaimana sudah diberitakan sebelumnya, AKBP Alfaris Pattiwael, S.I.K, M.H., sudah dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Wadirlantas Polda Banten dan akan segera pindah dalam waktu dekat. Promosi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1508/VII/KEP/2021 tertanggal 26 Juli 2021.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar